Epidemiolog Sebut Hampir Semua Penduduk Akan Terkena Corona Omicron

JagatBisnis.com – Kasus corona di Indonesia terus meningkat, hal itu dibarengi dengan peningkatan kasus varian Omicron yang tengah menyebar sangat cepat di masyarakat.

Namun, beberapa pihak ada yang mengatakan bahwa setelah munculnya varian Omicron, pandemi COVID-19 akan menjadi endemis.
Melihat hal itu, Epidemiolog UI Pandu Riono mengatakan, hal itu bisa saja terjadi. Musababnya Omicron tidak memberikan efek berat bagi pasien, namun tetap memberikan imunitas bagi mereka yang sudah terinfeksi.

“Karena Omicron mudah-mudahan dan efeknya rendah sekali, sehingga hampir semua penduduk pasti akan terkena Omicron dan itu akan memberikan kekebalan,” ujar Pandu saat dihubungi.

Baca Juga :   Singapura Laporkan Kasus Kematian Pertama Terkait Omicron

Meski begitu, Pandu mengatakan ada juga pihak yang meragukan corona jadi endemis usai varian Omicron meningkat. Sebab kekebalan yang muncul akibat terinfeksi Omicron belum tentu sekuat saat terinfeksi varian Delta.

Baca Juga :   Vaksin Booster Solusi Efektif dari Ancaman Virus BA.4 dan BA.5

Untuk itu, Pandu berharap dengan program booster vaksin yang sedang berjalan dapat memberikan kekebalan imunitas lebih pada masyarakat. Sehingga tidak banyak masyarakat yang harus dirawat di rumah sakit karena terinfeksi Omicron.

Baca Juga :   Kasus Omicron di RI Didominasi Pelaku Perjalanan dari Arab Saudi

“Harapannya tidak akan berdampak pada peningkatan orang masuk rumah sakit, kalau booster ini lebih cepet sekarang maka puncaknya tidak akan terlalu tinggi,” pungkasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO