Angelo Alessio Resmi Tinggalkan Persija, Ini Dia Sosok Penggantinya

JagatBisnis.com – Persija Jakarta mengakhiri kerja sama dengan pelatih asal Italia, Angelo Alessio, menjelang laga pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2021-2022.

Presiden Persija Mohamad Prapanca menyebut bahwa keputusan itu diambil karena skuad berjuluk Macan Kemayoran membutuhkan perubahan.

“Keputusan ini diambil murni karena alasan profesional. Persija memerlukan perubahan, dan ini adalah salah satu bagian yang harus dilewati untuk mengubah Persija ke arah yang lebih baik,” ujar Prapanca.

Manajemen klub menganggap pencapaian Persija sampai pekan ke-20 Liga 1 Indonesia 2021-2022 kurang memuaskan lantaran Persija ditargetkan menyelesaikan musim setidak-tidaknya di posisi ketiga.

Bahkan, sebelum liga musim ini dimulai, Persija awalnya bermimpi meraih gelar juara.

Baca Juga :   Polisi Bakal Panggil Pengurus Jakmania Terkait Kerumunan di Bundaran HI

Persija sendiri untuk sementara berada di peringkat kedelapan klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2021-2022 dengan koleksi 29 poin dari 20 laga, hasil tujuh kemenangan, delapan seri serta lima kekalahan.

Pada putaran kedua Liga 1, yang dimulai Januari 2022, Persija hanya mendapatkan empat poin dari tiga pertandingan. Mereka menang 2-1 atas PSIS, kalah 1-2 dari tim papan bawah Persipura, serta ditahan imbang 1-1 oleh kesebelasan yang tengah berjuang di zona degradasi, Persela.

Hasil-hasil yang kurang baik itu membuat suporter Persija, The Jakmania, sempat menggaungkan agar Angelo Alessio dipecat sampai akhirnya manajemen klub benar-benar mendepaknya.

Meski demikian, Prapanca menyebut bahwa, meski singkat, Angelo Alessio juga memberikan dampak positif kepada Persija. Salah satunya, Alessio memberikan kepercayaan kepada para pemain muda sehingga kemampuan mereka terus berkembang.

Baca Juga :   Hadapi Persija, Tantangan PSS Sleman di Laga Pembuka Liga 1 2021

“Terlepas dari hasil yang memang tidak memuaskan, kami juga ingin berterima kasih kepada Angelo Alessio karena berani memberikan kesempatan kepada para pemain muda Persija untuk mencicipi atmosfer Liga 1. Hal tersebut akan menjadi pondasi Persija dalam membangun tim di masa depan. Kami juga mendoakan Angelo untuk sukses dalam kariernya ke depan,” tutur Prapanca.

Angelo Alessio ditunjuk sebagai pelatih Persija sejak Juni 2021 dan dikontrak selama satu tahun. Alessio datang dengan pengalaman mentereng di Eropa.

Baca Juga :   Takluk dari Borneo FC, Persija Mentok di Papan Tengah

Alessio merupakan asisten pelatih saat Conte menjadi pelatih kepala di Siena (musim 2010-2011), Juventus (2011-2012 sampai 2013-2014), tim nasional Italia (2014-2016) dan Chelsea (2016-2017 sampai 2017-2018). Sepanjang itu, Alessio membantu Conte untuk membawa Juventus tiga kali juara Liga Italia, Chelsea satu kali juara Liga Inggris dan sekali juara Piala FA. Persija belum mengumumkan siapa sosok yang akan menggantikan Alessio.

Akan tetapi, berkaca dari sebelumnya, Persija kerap memberikan mandat kepada assisten pelatih Sudirman untuk menjadi pelatih kepala sementara ketika juru taktik utama absen. Di bawah komando Sudirman, Persija sukses menjadi turnamen pramusim Piala Menpora 2021. (pia)

MIXADVERT JASAPRO