Scan Check-in PeduliLindungi Tanpa Kuota Internet

JagatBisnis.com – Aplikasi PeduliLindungi kembali mengeluarkan fitur terbaru, yaitu offline check-in. Fitur tersebut memungkinkan pengguna melakukan scan QR Code untuk check-in tanpa perlu koneksi internet. Sehingga berguna bagi masyakarakat yang tidak memiliki paket data atau jaringan sinyal buruk saat melakukan check-in di ruang publik.

“Check-in dengan PeduliLindungi di ruang publik, gedung perkantoran, atau di mana saja semakin mudah dengan fitur Offline Check-in. Bagi masyarakat yang minim koneksi sudah tidak menjadi kendala lagi dengan fitur ini,” tulis Kemenkes di akun Instagram resminya, Rabu (19/1/2022).

Sebelumnya, memindai kode QR untuk check-in ke ruang publik menggunakan aplikasi ini mengharuskan ponsel terhubung dengan internet. Fitur terbaru ini sangat berguna ketika pengguna akan melakukan check-in ke ruang publik tetapi kondisi sinyal internet di lokasi tersebut buruk.

Baca Juga :   tiket.com OTA Pertama Terhubung dengan PeduliLindungi

“Penggunaannya pun cukup mudah,
masyarakat tidak perlu mengaktifkan tombol lain karena caranya sama seperti check-in biasa. Namun, untuk bisa menggunakannya, pengguna hanya perlu memperbarui versi aplikasi ini dengan sistem operasi Android atau iOS,” terangnya lagi.

Baca Juga :   Cegah Omicron, Semua Mal Disiplin Gunakan PeduliLindungi

Perlu diketahui, penggunaan aplikasi ini semakin penting di masa pandemi. Aplikasi ini bukan sekadar aplikasi biasa yang bisa diunggah dan dipakai di ponsel pintar. Fitur “Check-in” pada aplikasi ini menjadi fitur yang berguna untuk Pemerintah melakukan pengawasan dan pengecekan terhadap masyarakat saat berpergian ke tempat- tempat umum.

Baca Juga :   PPLN Tak Perlu Lagi e-Hac, Gantinya Unduh PeduliLindungi

Fitur ini pun memudahkan pengelola untuk mengetahui status vaksinasi Covid-19 pengunjung ke tempat yang dikelolanya dan bagi Pemerintah aplikasi ini dapat menjadi alat tracing potensi penyebaran Covid-19. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO