Komisi IX DPR Minta Perluasan Peserta BPJS Kesehatan

JagatBisnis.com – Komisi IX DPR RI mendorong Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk memperluas kepesertaan. Berdasarkan data BPJS Kesehatan, saat ini jumlah peserta BPJS Kesehatan sebanyak 235,7 juta peserta. Hal itu disampaikan Komisi IX DPR saat rapat dengan Direksi BPJS Kesehatan, di Gedung DPR RI, Rabu (19/1/2022).

“Demi meningkatkan mutu program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), maka kami mendesak BPJS Kesehatan untuk meningkatkan upaya terobosan untuk perluasan kepesertaan,” kata Ketua Komisi IX Felly Estelita Runtuwene saat membacakan kesimpulan rapat, Rabu (19/1/2022).

Menurut dia, perluasan itu juga termasuk dengan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Karena peserta PBI merupakan masyarakat miskin yang iurannya dibayar oleh negara. Karena dari kuota PBI sebelumnya hanya terisi 85 juta peserta dari target 96,8 juta peserta.

Baca Juga :   NIK Akan Dipakai sebagai Nomor Kepesertaan BPJS Kesehatan

“Oleh karena itu, kami juga mendesak untuk pemenuhan peserta PBI. Kami pun berkoordinasi dengan Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, serta pemerintah daerah untuk melakukan pembatuan data peserta PBI,” terang Felly.

Baca Juga :   BSI Permudah Layanan RS dan Klinik Dalam Sistem BPJS Kesehatan

Sementara itu, Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan David Bangun mengungkapkan, untuk tahun 2022 ini pihaknya ditargetkan untuk merekrut kurang lebih 9,3 juta peserta baru. Beberapa strategi telah disiapkan untuk mencapai penambahan peserta tersebut. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan kuota bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Baca Juga :   Tahun 2022, Kelas Rawat Inap BPJS Kesehatan Dihapus

“Saat ini kuota peserta PBI sebanyak 96,8 juta orang. Namun, hingga akhir tahun 2021 peserta PBI yang tercatat baru sebanyak 85 juta orang. Selain itu, upaya mendorong pemerintah daerah untuk mendaftarkan peserta yang belum terdaftar juga akan dilakukan dengan memberikan data dengan kepastian nama dan alamat,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO