Usai Diguncang Gempa 6,6 Magnitudo, Warga Banten Mulai Bersihkan Puing-puing Bangunan

JagatBisnis.com – Sejumlah warga di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, mulai membersihkan sisa reruntuhan bangunan rumah yang rusak usai diguncang gempa 6,6 magnitudo pada Jumat (14/1).

Pada Senin (17/1), sejumlah material bangunan seperti genting dan batu bata mulai dipilah oleh warga agar bisa digunakan lagi. Terlihat juga warga yang sedang mengumpulkan genting untuk dipasang kembali.

Seorang warga Kampung Cikaret, Desa Tunggal Jaya, Mumun, mengatakan akibat gempa bumi, ruangan dapur dan kamar rumahnya ambruk. Beruntung peristiwa itu tidak sampai melukai anggota keluarganya.

Baca Juga :   Ada 1.378 Rumah Rusak Ringan hingga Berat Akibat Gempa Banten

“Lagi memilih bahan bangunan yang masih bisa dipakai, karena akibat gempa dapur dan kamar rumah saya ambruk,” kata Mumun.

Meski demikian, Mumun memilih tidak mengungsi dan bertahan di rumahnya. Ia berharap pemerintah memberikan bantuan.

Baca Juga :   20 Rumah dan Sekolah Rusak Akibat Gempa Pandeglang

“Tidak mengungsi, takut ada yang masuk ke rumah. Jadi tidur di teras depan rumah,” ucap dia.

Sementara warga Desa Ujungjaya, Iman, mengatakan dirinya sedang membantu menurunkan genting rumah yang masih utuh agar tidak semakin jatuh dan rusak.

“Lagi benahi genting yang masih bisa dipakai Pak. Daripada semakin turun, nanti malah hancur. Soalnya atap rumah sudah banyak yang bolong karena gempa kemarin,” tutur dia.

Baca Juga :   Akibat Gempa, 10 Sekolah di Pandeglang Rusak

Sebelumnya, Pemkab Pandeglang, Banten, menetapkan status tanggap darurat setelah bencana gempa 6,6 magnitudo sejak Sabtu (15/1). Status tanggap darurat berlaku selama 14 hari.

Status tanggap darurat bencana dikeluarkan karena 28 kecamatan terdampak gempa. BPBD Pandeglang mencatat, rumah yang rusak akibat gempa mencapai lebih dari 1.100 unit.(pia)

MIXADVERT JASAPRO