3 Dosis Vaksin CoronaVac Mampu Lindungi Tubuh dari Omicron

JagatBisnis.com –  Vaksin CoronaVac dari Sinovac dikerahui cukup baik melawan varian Covid-19, termasuk Omicron. Studi terbaru menunjukkan, 3 dosis vaksin CoronaVac menghasilkan antibodi terhadap Omicron.

“Bahkan, sebanyak 95 persen individu yang menerima 3 dosis CoronaVac memiliki antibodi penawar terhadap Omicron,” kata juru bicara Sinovac Pearson LIU, dalam keterangan tertulis, Senin (17/1/2022).

Dia menjelaskan, studi yang dijalankan di Tiongkok tersebut melibatkan 120 peserta. Hasil penelitian ini mendukung penggunaan tiga dosis (vaksin booster). Hal itu karena tingkat serokonversi dari antibodi penetralisir terhadap Omicron meroket dari 3,3 persen menjadi 95 persen untuk rangkaian dua dan tiga dosis masing-masing.

Baca Juga :   Ini Aturan Baru dari Satgas COVID-19

“Pada partisipan penerima 3 dosis CoronaVac, kami mengisolasi 323 antibodi monoklonal manusia yang berasal dari memori sel B. Dari situ, setengahnya mengenali receptor binding domain (RBD) dan menunjukkan sebagian memberikan netralisasi pada variant of concern SARS-CoV2,” paparnya.

Baca Juga :   Pasien Corona Bergejala atau Tanpa Gejala Sebaiknya ke Isolasi Terpusat

Dia mengaku, saat ini dunia terus bergulat dengan munculnya varian baru Covid-19, studi ini memberikan kepastian tipe vaksin nonaktif tetap efektif melawan Covid-19. Hasil studi tersebut juga mendukung pentingnya pemberian vaksin booster untuk memastikan perlindungan terhadap Covid-19.

Baca Juga :   Cegah Lonjakan Omicron, Israel Larang Warganya ke Amerika Serikat

“Penelitian ini sendiri muncul karena adanya temuan baru yang menunjukkan satu bulan setelah dosis kedua, CoronaVac memberikan respons Sel-T yang lebih tinggi dibandingkan dengan vaksin mRNA. Ini penting untuk mencegah penyakit serius, rawat inap, dan kematian,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO