Capaian Vaksinasi COVID-19 Dosis I di Sulawesi Barat Baru 68,7 Persen

JagatBisnis.com – Capaian vaksinasi COVID-19 di Sulawesi Barat (Sulbar) masih di bawah target 70 persen. Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Barat, Asran Mahdy, menyebutkan capaian vaksinasi 68, 74 persen merupakan total persentase dari enam kabupaten di daerah ini.

“Secara total Sulbar, kita berada di angka 68,74 persen. Berarti masih ada 1,26 persen untuk mencapai 70 persen untuk skala capaian tingkat provinsi untuk tahap pertama,” ungkap Asran kepada SulbarKini di kantornya, Selasa (11/1).

Menurut dia, dari enam kabupaten di Sulawesi Barat, lima kabupaten telah mencatatkan capaian vaksinasi di atas 70 persen, yakni Kabupaten Mamuju 72,21 persen, Majene 71,05 persen, Mamasa 71,11 persen, Mamuju Tengah 70,83 persen, dan Pasangkayu 70,56 persen.

Baca Juga :   Selama Ramadan, Pemerintah Siapkan Sentra Vaksinasi di Masjid

“Untuk Polman (Polewali Mandar) capaian vaksinasi baru 63,8 persen. Masih ada 6,2 persen untuk bisa mencapai 70 persen,” ucap dia.

Untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun, Asran menyebutkan bahwa baru dilaksanakan di Kabupaten Mamasa. Hal itu sesuai dengan aturan Kementerian Kesehatan yang menyatakan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun bisa dilakukan suatu daerah jika capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama 70 persen dan capaian vaksinasi COVID-19 untuk lanjut usia 60 persen.

Baca Juga :   Masih Perlukah Tes Serologi dan Antibodi Pasca Divaksin?

“Makanya Mamasa kemarin sudah bisa launching pelaksanaan vaksinasi usia 6-11 tahun,” ujarnya.
Untuk Mamuju, lanjut Asran, capaian vaksinasi untuk lanjut usia belum mencapai 60 persen sehingga vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun belum dilaksanakan.

“Sebetulnya Mamuju lebih duluan mencapai 70 persen, tetapi untuk lansianya belum mencapai 60 persen. Inilah yang menghambat sebetulnya kenapa Mamuju belum melaksanakan vaksinasi usia 6-11 tahun,” terang Asran.

Baca Juga :   Vaksin AstraZeneca Efektif Cegah Virus Baru B117

“Ini yang saya sampaikan kemarin dengan Kadis Kesehatan Mamuju, begitu juga anggota Polres yang saya temui untuk bisa lebih fokus ke lansia dulu. Karena kalau kita bisa mencapai 60 persen, InsyaAllah kita bisa vaksinasi anak umur 6 sampai 11 tahun,” pungkas dia.

Hingga kini, Dinas Kesehatan masing-masing daerah bekerja sama TNI dan Polri masih terus gencar melakukan vaksinasi COVID-19 di masyarakat.(pia)

MIXADVERT JASAPRO