Miris, Sampah Menumpuk di Laut Ternate

JagatBisnis.com – Dalam sepekan ini, saat terjadi hujan deras, perairan atau laut Ternate, Maluku Utara, terlihat kotor karena adanya tumpukan berbagai jenis sampah.

Mengenai ini, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, mengaku banyak sampah berserakan di permukaan laut dan bagian pesisir Kota Ternate, karena pola perilaku manusia.

“Penumpukan sampah begitu, karena pengaruh juga pola perilaku manusia,” ucap Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, Jumat (7/1).

Baca Juga :   Tiap Harinya 7.800 Ton Sampah Menumpuk di Jakarta

Ia bilang, bahkan pihak DLH Kota Ternate sudah berupaya maksimal dengan keterbatasan armada yang ada.

“Saya akan dorong agar setiap waktu bisa diatur dalam membuang sampah, karena ini paling utama. Misalkan ada satu yang baru diselesaikan, tetapi kemudian ada lagi,” ujarnya.

Baca Juga :   8.945 Petugas Siaga Tanggani Sampah di Musim Hujan

Disinggung adanya warga yang sering membuang sampah di kali mati atau sungai dan di area pesisir, ia mengaku, justru pihaknya sudah berupaya membangun kesadaran kolektif mulai dari hulu sampai ke hilir.

“Jadi sama saja torang (kami) kasih bersih sampah, melalui festival barangka mulai dari hilir, namun bagian hulu diupayakan belum bisa maksimal itu akan sulit,” jelasnya.

Baca Juga :   Di Bulan Puasa, Volume Sampah di Ternate Dipastikan Meningkat

“Kami juga akan dibantu dari BWS untuk pemasangan jaring sampah di setiap kali mati (barangka), agar saat hujan sampah yang mengalir itu bisa terhinggap di jaring tersebut,” pungkasnya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO