Masuk Rumah Warga, Ular Sanca Sepanjang 3 Meter Ditangkap Petugas Damkar

JagatBisnis.com – Petugas Damkar Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, berhasil menangkap Ular Sanca sepanjang 3 meter. Penangkapan ular pembelit ini dilakukan petugas di rumah warga Desa Ciawigebang, Kecamatan Ciawigebang, Kuningan.

Kepala Damkar Kuningan, Khadafi Mufti dalam keterangan persnya, Kamis (6/1/2022), menuturkan, proses evakuasi bermula dari informasi warga saat melihat ular memasuki halaman belakang rumah. Keberadaan ular pembelit itu diketahui pertama kali oleh anak-anak yang sedang bermain.

“Saat anak-anak bermain di halaman rumah, melihat ada ular dari arah kebun yang melintas ke gang dan menuju belakang rumah milik Pak Samad (80). Kemudian anak-anak memberitahu kepada tetangga sebelah, hingga akhirnya melaporkan kepada petugas,” ungkapnya.

Baca Juga :   Ketua Umum MUI Kecelakaan di Jateng

Dirinya bersyukur, tidak ada korban luka akibat gigitan ular tersebut. Sebab keberadaan ular sangat membahayakan anak-anak yang sedang bermain.

Baca Juga :   Viral, Dua Remaja di Bidara Cina Dikeroyok Diduga Oknum Polisi

“Kita lakukan evakuasi oleh petugas sebanyak 3 orang, kurang lebih 30 menit berhasil ditangkap. Ular Sanca itu memasuki halaman belakang rumah dengan panjang 3 meter,” imbuhnya.

Dia menyebut, saat ular akan ditangkap posisinya tengah melingkar di tumpukan kusen rumah. Seketika itu, petugas langsung menangkap ular tanpa ada perlawanan berarti.

Baca Juga :   Selama 2021, Ada 8,26 Juta Pengungsi Akibat Bencana di Indonesia

“Ular Sanca ini sebutan umum untuk semua jenis ular pembelit yang diklasifikasikan sebagai familia Pythonidae. Salah satu spesies sanca yaitu sanca kembang merupakan ular terpanjang di dunia, nah ular yang memasuki rumah warga ini sanca kembang dengan panjang 3 meter,” pungkasnya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO