Kapolri Sebut Penularan Omicron 5 Kali Lebih Cepat

JagatBisnis.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya untuk mewaspadai penularan varian baru Omicron yang mulai menyebar.

Berdasarkan data per Selasa (4/1), tercatat sudah 254 orang terinfeksi varian virus COVID-19 yang pertama kali diumumkan di Afrika Selatan ini.

“Di Indonesia sendiri ada 254 kasus dan terus bertambah di mana 239 berasal dari pelaku perjalanan luar negeri. Sementara saat ini sudah ada 15 orang ditemukan tertular terkonfirmasi positif karena transmisi lokal,” kata Sigit saat launching Vaksinasi Merdeka di SDN Mangga Dua Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (5/1).

Baca Juga :   JXB Sediakan Tiga Hotel Layani PPLN Positif Covid-19

Sigit menyebut, penularan Omicron sangat berbahaya. Bahkan 5 kali lebih cepat penularannya dari varian virus lainnya. Hal ini pun menjadi tantangan serius untuk segenap instansi terkait.

Baca Juga :   68 Penerbangan di Kanada Dibatalkan karena Omicron

“Ini adalah tantangan ke depan karena varian Omicron miliki 5 kali lebih cepat penularannya,” ujar Sigit.

Menurut Sigit, salah satu solusi yang tepat yakni dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan tak lupa untuk memakai masker.

Baca Juga :   Varian Omicron Terdeteksi di Sulsel

“Ini tantangan kita bagaimana angka ini bisa kita hadapi dengan melakukan upaya yang selama ini sudah kita laksanakan bagaimana prokes, 3M khususnya memakai masker dan akselerasi vaksinasi,” tandasnya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO