Cadangan Migas Baru Ditemukan di Blok Mahakam

JagatBisnis.com –  PT Pertamina Hulu Mahakam berhasil menemukan sumber gas bumi baru di sumur eksplorasi Manpatu-1x. Sumur itu terletak di Blok Mahakam, di lepas pantai Balikpapan, Kalimantan Timur.

Vice President Eksplorasi Pertamina Hulu Energi Regional Kalimantan, Bayu Giriansyah mengatakan keberhasilan ini merupakan penemuan pertama bagi Indonesia pada permulaan 2022. Pengeboran dimulai pada 20 Oktober 2021 dengan menggunakan Rig Hakuryu-14 dan berhasil sampai dengan kedalaman 3.776,4 meter pada 9 Desember 2021.

“Pengeboran itu berhasil menemukan lapisan hidrokarbon minyak dan gas dengan total ketebalan net pay sebesar 207 meter pada interval Sepinggan Delta Sequence dan Sepinggan Carbonate Sequence dengan kualitas reservoir yang sangat baik,” kata Bayu, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga :   Pertamina Belum Setor Pajak BBM Rp1,96 Triliun

Dia menjelaskan, pekerjaan uji alir yang pertama drill steam test/DST-1 atas temuan itu telah dilakukan pada 3 Januari 2022. Hasilnya ditemukan rate gas sebesar 15 juta standar kaki kubik per hari dan kondensat sebesar 500 barel per hari.

Baca Juga :   Pertamina Pastikan Pertalite, Solar dan Gas 3 Kg Tidak Naik

“Selain temuan tersebut, kami juga mengidentifikasi zona reservoir pada Sepinggan Carbonate Sequence yang akan dilakukan uji alir selanjutnya,” imbuhnya.

Sementara General Manager Pertamina Hulu Mahakam Zona 8 Agus Amperianto berkomitmen untuk terus menjalankan operasi migas yang selamat, efektif, dan unggul sehingga Blok Mahakam dapat berkontribusi secara signifikan dan berkelanjutan terhadap pencapaian target produksi migas nasional.

Baca Juga :   Pertamina Temukan 20 Juta Barel Cadangan Minyak Baru di Kepulauan Seribu

“Keberhasilan ini menjadi pendorong semangat kami untuk terus melakukan pengeboran yang penting bagi keberlangsungan produksi migas dari wilayah kerja Mahakam,” ucap Agus.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Regional Kalimantan Chalid Said Salim mengungkapkan temuan gas dari sumur eksplorasi ini merupakan salah satu pencapaian dari strategi perusahaan dalam meningkatkan cadangan dan mempertahankan produksi migas melalui kegiatan pengeboran eksplorasi dan eksploitasi. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO