Kampanye #IniBaruJuara, RuangGuru Ajak Masyarakat Maknai Arti Prestasi

JagatBisnis.com –  Menyambut tahun baru, RuangGuru meluncurkan kampanye #IniBaruJuara, secara virtual, Selasa (4/1/2022). Tujuan dari kampanye ini adalah untuk mengajak pelajar untuk memaknai kembali arti prestasi. Tentunya dengan pola pikir pro-growth.

VP Marketing Ruangguru, Ignatius Untung Surapati, menjelaskan, pihaknya telah melakukan riset mterhadap 30+ responden dari seluruh Indonesia. Hal itu untuk memahami aspirasi dan persepsi masyarakat terhadap makna pendidikan dan presatasi. Riset ini menjadi dasar dari hadirnya kampanye #IniBaruJuara.

“Riset menunjukkan mayoritas responden meyakini pendidikan merupakan kunci jaminan masa depan yang lebih sejahtera dan tidak terbatas hanya pada pencapaian akademis. Sehingga, motivator dan inspirasi justru datang dari teman kelas yang mampu menyeimbangkan kesenangan dan tanggung jawab akademis,” paparnya.

Baca Juga :   Sadis, Gaji Guru Magang di Ruangguru Kecil

Dia mengungkapkan, sebagian responden menyatakan makna juara bagi adalah saat mampu untuk membuat perubahan yang lebih baik dalam hidup. Salah satunya adalah meraih rangking 1 di kelas. Namun, mayoritas responden juga menggangap sistem pendidikan terkadang memiliki keberpihakan kepada pelajar dengan rangking atas.

“Padahal, mereka senang dengan pendidik yang dapat merangkul semua pelajar dan mengajarkan materi secara menyenangkan. Melalui kampanye  #IniBaruJuara, pendidikan berkualitas, tidak berjarak, dan fleksibel harus menjadi hak semua siswa. Kami mengerti kesuksesan dan prestasi  memiliki keanekaragaman makna dan senantiasa dijadikan sebagai cerminan nilai diri setiap pribadi,” imbuhnya.

Baca Juga :   Ruangguru Gelar Kompetisi Sains Tingkat SMP

Oleh karena itu, lanjut dia, fungsi nilai akademis dan ranking seharusnya hanya sebatas tolok ukur pemahaman materi dan menjadi landasan strategi sistem pendidikan  dalam mengatur program studi. Jadi ranking bukan sebagai patokan penilaian kesuksesan dan  standar prestasi siswa yang bersifat final

“Makanya, kami mengajak semua siswa untuk terus memacu diri dalam menciptakan  perubahan yang lebih baik. Kampanye ini turut menyoroti dan merayakan setiap pelajar dari latar belakang majemuk tanpa terkecuali, yang mau berjuang demi kemajuan sekecil apa pun, di segala kondisi dan tantangan, untuk menjadi versi diri yang lebih baik,” ucap Untung.

Baca Juga :   Sadis, Gaji Guru Magang di Ruangguru Kecil

Sementara itu, Psikolog Anak dan Remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo menambahkan, orang tua dan pendidik memiliki peran penting dalam membantu menanamkan pola pikir pro growth sejak dini kepada anak-anak. Sehingga makna kesuksesan dan prestasi diukur dari setiap pencapaian apa pun demi kebaikan diri.

“Orang tua dan pendidik patut menuntun anak anak sehingga dapat menanamkan pola pikir yang mengakui segala bentuk pencapaian. Bukan hanya demi kebaikan diri, tetapi juga untuk membangun rasa percaya diri mereka. Sehingga perlahan-lahan, pencapaian signifikan pun memiliki makna yang lebih mendalam,” tutup Vera. (eva)

MIXADVERT JASAPRO