Usai Pembelot Berhasil Menerobos ke Korut, Korsel Perketat DMZ

JagatBisnis.com – Seorang warga Korea Selatan (Korsel) memilih membelot ke Korea Utara (Korut) dengan cara menerobos Zona Demiliterisasi (DMZ). Atas kejadian tersebut, Korsel akan memperketat DMZ.

Kabar tersebut disampaikan Militer Korsel. Warga yang namanya dirahasiakan tersebut menerobos DMZ pada Sabtu (1/1/2022) lalu.

Dalam keterangannya kepala militer Korsel tidak bisa memastikan apakah individu itu masih hidup atau tidak. Namun, Militer Korsel sudah mengirim pesan ke Korut untuk melindungi pembelot tersebut.

Baca Juga :   Penampakan Rudal Balistik Supersonik Paling Berbahaya Milik Korut

Pimpinan Militer Korsel menambahkan, pembelot dari Korsel itu berhasil lolos dari pencarian selama beberapa jam yang dilakukan oleh militer Korsel demikian dikutip dari BBC.

Baca Juga :   Korut Siapkan Bantuan 800 Keluarga yang Terkena Wabah Infeksi Pencernaan

Diduga kuat, warga Korsel itu menerobos DMZ dari sisi pantai timur. Agar kejadian tidak berulang Korsel akan mengevaluasi sistem keamanan di DMZ.

Warga Korsel membelot ke Korut sangat jarang terjadi. Peristiwa terakhir berlangsung 2020 lalu. Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un menyatakan pembelot itu mengalami gejala COVID-19.

Baca Juga :   Korea Utara Ancam Korea Selatan dengan Nuklir untuk Memusnahkanya

Sementara itu, zona DMZ di perbatasan dua Korea dikenal sebagai salah satu area paling dijaga ketat di seluruh dunia.

DMZ dipenuhi oleh ranjau darat dan kawat berduri. Kamera pengintai dipasang di hampir seluruh sudut. Militer Korsel dan Korut turut berjaga masing-masing sisi selama 24 jam. (pia)

MIXADVERT JASAPRO