Ekbis  

Tutup Tahun 2021, Bea Cukai Layani Ekspor ke Berbagai Negara

JagatBisnis.com –  Jelang akhir tahun 2021, Bea Cukai terus memberikan pelayanan ekspor ke berbagai negara di Asia, Eropa, hingga Amerika. Pelayanan ekspor kali ini dilakukan antara lain oleh Bea Cukai masing-masing di Tasikmalaya, Bogor, Merak, dan Ambon.

Kanwil Bea Cukai Jawa Barat bersama Bea Cukai Bogor turut hadir dalam pelepasan peti kemas ekspor Vacuum Cleaner ke-600 ke Amerika Serikat milik PT Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP), Senin (20/12). Dalam kegiatan ini, turut dihadiri oleh Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jabar, Yusmariza, mengapresiasi capaian salah satu perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat (KB) di wilayahnya tersebut. “Keberhasilan ekspor produk PT.SCNP ke AS ini adalah kemajuan bersama, baik perusahaan maupun Bea Cukai,” imbuhnya.

Baca Juga :   Bea Cukai Gagalkan Pengiriman 50 Gram Ganja Via Ekspedisi di Kudus

Selanjutnya, Bea Cukai Tasikmalaya turut hadir dalam pelepasan ekspor produk anyaman bambu milik CV Kiwari Bamboe ke Arab Saudi, pada Selasa (28/12). CV Kiwari Bamboe merupakan perusahaan yang memproduksi kerajinan tangan dari bambu di Kabupaten Tasikmalaya. Dengan hasil berupa panel bambu dan bilik bambu untuk keperluan desain interior. Lebih lanjut CV Kiwari Bamboe akan melakukan ekspor lanjutan ke Arab Saudi dengan produk kitchenware, homeware dan homedecor yang semuanya terbuat dari bambu.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ekspor panel dan anyaman bambu ini. Kami sebagai fasilitator ekspor siap memberikan asistensi dan pelayanan kepada para eksportir. Hasilnya bisa kita lihat saat ini dimana CV Kiwari Bamboe bisa secara mandiri melakukan ekspor.” ujar Indriya Karyadi, Kepala Bea Cukai Tasikmalaya.

Baca Juga :   Bea Cukai Terus Gencarkan Sosialisasi Rokok Ilegal

Di Banten, Bea Cukai Merak menutup tahun 2021 dengan menghadiri acara pelepasan ekspor Tin Chemical dan Tin Solder milik PT Timah Industri, dengan tujuan beberapa negara di Asia dan Eropa, (31/12). Selama tahun 2021, PT Timah Industri telah melakukan ekspor produk Tin Chemical sebanyak 7.444 ton dan Tin Solder sebanyak 624 ton, yang menghasilkan devisa negara sejumlah USD 88,1 juta, atau setara Rp 1,2 triliun.

Keberhasilan ekspor oleh PT Timah Industri ini merupakan salah satu bentuk dukungan dan peran dari Bea Cukai Merak untuk pemerintah yaitu dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional dan mendukung perkembangan industri dalam negeri.

Baca Juga :   Lewat Kolaborasi Bea Cukai Lakukan Percepatan Implementasi NLE di Pelabuhan Belawan dan Tanjung Emas

Selain itu, pelayanan ekspor di akhir tahun juga dilakukan oleh Bea Cukai Ambon. Pada 27 Desember 2021, Bea Cukai Ambon memberikan pelayanan ekspor Oseil Crude Oil dengan total 241.693 barrel kepada Citic Seram Energy Limited, perusahaan yang bergerak pada bidang minyak dan gas. Dalam ekspor tersebut, Bea Cukai Ambon menempuh jarak 256 km dengan total waktu tempuh 12 jam melalui jalur laut dan darat.

“Di hari yang sama, kami juga melayani ekspor Kalrez Petrolium Seram Ltd, berupa produk Bula Crude Oil sebanyak 40.292 barrel tujuan Singapura. Dengan total waktu pemuatan selama 22 jam, ekspor ini berhasil mengumpulkan devisa negara sebesar 1.450.512 USD,” pungkas Saut Mulia, Kepala Bea Cukai Ambon.(srv)

MIXADVERT JASAPRO