Menhan AS Tetap Terinfeksi Virus Corona Meski sudah Terima Vaksin Booster

Lloyd Austin calon Menhan baru Amerika Serikat.

JagatBisnis.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Llyod Austin terinfeksi virus corona. Austin mengalami gejala ringan COVID-19.

Kabar mengenai hasil tes corona Austin disampaikan pada Minggu (3/1/2022) waktu setempat. Selama lima hari ke depan Austin akan menjalani karantina dan menghadiri semua pertemuan secara virtual.

Tertularnya Austin diumumkan sepekan setelah Presiden Joe Biden memberlakukan aturan pembatasan kegiatan. Aturan diterapkan untuk mengendalikan varian Omicron yang kini mendominasi Paman Sam.

Baca Juga :   87 Jemaah Umrah Asal Indonesia Positif COVID-19, 10 Orang Diduga Omicron

Dalam keterangannya, Austin mengaku sudah divaksin dosis penuh dan menerima booster. Dia terakhir kali tatap muka dengan Joe Biden pada 21 Desember 2021 atau sepekan sebelum merasakan gejala COVID-19.

“Seperti yang dijelaskan dokter kepada saya, status vaksinasi saya, yang sudah menerima dosis penuh dan disuntik booster pada awal Oktober, itu membuat infeksi saya lebih ringan daripada yang seharusnya saya rasakan,” ujar Austin seperti dikutip dari Reuters.

Baca Juga :   Denmark Cabut Seluruh Pembatasan Corona Meski Omicron Mengganas

Saat ini Austin jadi pejabat tertinggi di AS yang terinfeksi corona. Sebelumnya, pada Oktober 2021 Menteri Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas terinfeksi virus corona.

Baca Juga :   98 Persen Kasus Omicron di Indonesia dari Luar Negeri

Sejak akhir Desember 2021, AS dihantam gelombang baru corona akibat varian Omicron. Kini, 58.6 persen kasus corona di sana adalah Omicron.

Lonjakan kasus COVID-19 akibat Omicron diperkirakan masih bakal terjadi di seantero AS. Meski demikian, penelitian awal menunjukkan Omicron memang lebih menular namun tak menyebabkan gejala berat seperti varian lain.(pia)

MIXADVERT JASAPRO