Di Tengah Isu Peralihan Sekolah jadi Mal, Ratusan Murid SDN 01 Pekanbaru Masih Belajar

JagatBisnis.com – Ratusan murid SDN 01 Senapelan, Pekanbaru, masih belajar mengajar seperti biasa pada Senin ini (3/1/2022) di tengah ancaman bangunan sekolah akan dialihfungsikan jadi pasar modern atau mall.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pekanbaru, Ismardi Ilyas, mengatakan gedung SDN 01 masih digunakan untuk aktivitas belajar. Para murid masih masuk sekolah seperti biasa mulai esok.

“Murid di SDN 01 tetap akan belajar di gedung sekolah yang lama. Masih tetap di situ hingga nanti ada arahan selanjutnya, ” kata Ismardi, Sabtu (1/1/2022).

Baca Juga :   Kepergok Mesum, Oknum PNS di Banda Aceh Diamankan Petugas

Ia menjelaskan, Disdik Kota Pekanbaru masih mensosialisasikan pemindahan murid dan guru SDN 01. Menurutnya, pemindahan itu tidak serta merta langsung dilakukan.

“Pindah jadi, tapi kan nanti ada sosialisasinya dulu. Tidak langsung-langsung (pindah) saja. Kita sosialisasikan dulu. Belum sampai ke situ (perpindahan siswa dan guru),” jelasnya.

Disdik juga masih melakukan pendataan siswa dan guru. Mereka akan dipindahkan ke sekolah terdekat sesuai dengan domisili atau tempat tinggal.

Baca Juga :   Seorang Remaja Hilang Terseret Arus Sungai Taman Semanan Indah

Penutupan SDN 01 Pekanbaru menuai kontra. Aksi protes sempat terjadi di depan gerbang sekolah. Namun, pemindahan murid dan guru serta penutupan sekolah tetap berjalan.
Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, mengimbau orang tua untuk memahami kebijakan dari pemerintah kota.

Ia bakal memberikan sekolah terbaik bagi anak-anak yang terpaksa pindah dari sekolah itu.
“Makanya jangan khawatir, karena dari segi wilayah, tempat belajar hanya bergeser beberapa ratus meter saja,” paparnya.

Firdaus berharap para wali murid bisa memahami dan mendukung kebijakan pemerintah kota.

Baca Juga :   Lagi-lagi Pernikahan Seorang Kakek dan Remaja Bikin Heboh di Medsos

Ia menilai alih fungsi lahan dan bangunan sekolah itu sudah melalui kajian yang menyeluruh dengan pertimbangan banyak hal.

Ia menjelaskan, nantinya murid bakal pindah ke sekolah tidak jauh dari sekolahnya saat ini. Mereka bisa pindah ke sekolah jaraknya hanya beberapa ratus meter saja dari sekolah di Jalan Ahmad Yani tersebut.

“Jarak sekolah tempat mereka bergabung belajar nanti, jaraknya hanya 200 hingga 300 meter saja dari sana,” pungkasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO