Usai Ditegur, Garuda Perbaiki 19 Pesawat

JagatBisnis.com –  PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk. (GMFI) langsung memperbaiki 19 pesawat Citilink yang diketahui bermasalah. Pesawat bermasalah yang tetap beroperasi itu diketahui berdasarkan hasil audit rutin terhadap seluruh operator penerbangan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Direktur Utama GMFI Andi Fahrurrozi mengatakan pihaknya telah melakukan langkah-langkah perbaikan, seperti penggantian brake, evaluasi hold item list (HIL), peningkatan pengawasan, serta perbaikan pengelolaan komponen dan spare part.

“Dari total 19 pesawat, kami telah melakukan penggantian brake untuk 18 pesawat Citilink yang tengah beroperasi. Kami memastikan penggantian brake untuk satu pesawat Citilink yang saat ini tengah menjalani c-check di hanggar kami akan dilakukan sebelum pesawat kembali beroperasi,” katanya, dalam keterangan resmi, Sabtu (1/1/2022).

Baca Juga :   Diduga Ada Lobi-lobi untuk Selamatkan Garuda dari Uang APBN

Menurut Andi, perbaikan yang dilakukannyavjuga telah dijalankan untuk memastikan kesiapan kebutuhan komponen dan spare part di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut diwujudkan melalui perbaikan aspek perencanaan, serta renegosiasi dengan supplier untuk mendukung penyediaan dan pengiriman spare part.

Baca Juga :   Kurangi Biaya, Yenny Mundur Dari Komisaris Garuda

“Kami juga tengah membentuk tim khusus untuk memantau dan menuntaskan HIL sesuai dengan prosedur yang berlaku. Seluruh temuan audit yang tertera dalam surat yang dikirimkan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara c.q Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara telah diselesaikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Citilink Juliandra menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi intensif dengan GMFI untuk memastikan seluruh rekomendasi Ditjen Hubud telah ditindaklanjuti dengan baik. Karena pihaknya senantiasa berkomitmen untuk mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan dalam penerbangan, termasuk mematuhi standar keselamatan penerbangan yang ditetapkan oleh regulator maupun produsen pesawat.

Baca Juga :   Kejagung Selidiki Korupsi Penyewaan Pesawat Garuda Indonesia

“Kami pun memastikan seluruh pesawat kami yang beroperasi berada dalam keadaan aman dan laikterbang sesuai regulasi yang berlaku. Sehingga penumpang dapat bepergian dengan aman dan nyaman ketika terbang bersama kami,” pungkas Juliandra. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO