Tutup Tahun, Indonesia Ekspor Pertanian Senilai Rp14,4 Triliun

JagatBisnis.com – Kementerian Pertanian melepas ekspor pertanian sebanyak 1,3 juta ton dari seluruh provinsi di Indonesia. Total nilai ekspor tersebut sebesar Rp14,4 triliun. Sejumlah produk pertanian diekspor ke 124 negara.

“Dari capaian tersebut kami optimistis ekspor pertanian dapat bertambah tiga kali lipat di tahun depan. Ini membuktikan tidak ada daerah yang tidak melakukan ekspor. Tahun depan kita wujudkan ekspor 3 kali lipat dari ini,” kata Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/1/2022).

Dia menjelaskan, sektor pertanian menjadi penyangga utama pertumbuhan ekonomi di Indonesia selama dua tahun terakhir ini. Karena data Badan Pusat Statistik (BPS), hanya produk domestik bruto (PDB) sektor pertanian yang terus tumbuh positif pada kuartal II 2020 yakni 16,4 persen, sementara sektor lainnya mengalami kontraksi.

Baca Juga :   Tekan Penyebaran PMK, Hewan Ternak Wajib Masuk Karantina

“Kinerja sektor pertanian pun ditunjukkan tidak ada impor beras dalam dua tahun terakhir ini dan tahun ini kita punya surplus beras 9 juta ton. Oleh karena itu, untuk memperkuat sektor pertanian ke depannya, kami butuh pengawalan dari kepolisian,” imbuh Syahrul.

Baca Juga :   Masih Pandemi, Kementan Terbitkan SE Pelaksanaan Kurban

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut mengapresiasi pencapaian dari Kementan karena keberhasilannya melakukan ekspor dengan nilai Rp14,4 triliun meski sedang dalam kondisi pandemi. Selain itu, Kementan juga mampu membuat surplus produksi beras sehingga terdapat stok beras sebanyak 9 juta ton.

Baca Juga :   Kementan Pastikan 2,3 Juta Ternak Siap Jadi Hewan Kurban

“Kami dari kepolisian siap bersinergi melakukan pengawalan untuk memperkuat stok pangan nasional. Bahkan, tahun 2022, Indonesia berencana mengekspor beras, jika ini terjadi tentunya memecahkan rekor. Adanya stok beras 9 juta tentu membuat negara ini tenang dan tidak perlu impor,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO