11 Kecamatan di Aceh Timur Terendam Banjir

JagatBisnis.com – Hujan deras sejak tiga hari terakhir hingga meluapnya sungai mengakibatkan banjir genangan di sejumlah gampong (desa) dalam 11 kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (1/1/2022). Ribuan jiwa terdampak, sebagian mengungsi ke rumah tetangga atau fasilitas umum yang lebih tinggi.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan, wilayah yang terdampak banjir adalah; 12 desa di Kecamatan Birem Bayeun, 4 desa di Kecamatan Indra Makmur, 10 desa di Kecamatan Sungai Raya, 1 desa di Kecamatan Idi Tunong, 8 Desa di Kecamatan Rantau Selamat, 2 desa di Kecamatan Peurelak Timur, 10 desa di Kecamatan Ranto Peureulak, 5 desa Kecamatan Julok, 5 desa di Kecamatan Nurussalam, 6 desa di Kecamatan Darul Falah, dan 5 desa di Kecamatan Banda Alam.

“Tinggi banjir yang menggenangi permukiman warga, persawahan dan badan jalan setinggi 20 sentimeter hingga 150 sentimeter,” tulis Haslinda, Staf Pusdatin BPBA dalam keterangannya sesuai laporan BPBD Aceh Timur.

Baca Juga :   Meluapnya Kali Bekasi, Jalur Penghubung Kabupaten-Kota Terputus

Selain genangan air, longsor juga terjadi di Gampong Bukit Seulemak, Kecamatan Birem Bayeun, hingga mengakibatkan akses jalan putus total tertimbun material tanah dan batu longsoran.

Baca Juga :   Banjir di Pantura Jateng, Ganjar: Harus Segera Diatasi

Banjir juga melanda Kota Langsa, tetangga Kabupaten Aceh Timur. Setidaknya 7 gampong di Kecamatan Langsa Baro dan Kecamatan Langsa Barat terendam. Genangan air di permukiman 40 sentimeter hingga 80 sentimeter.

Baca Juga :   Banjir di Kalsel, Belasan Ribu Jiwa Mengungsi

Sampai saat ini banjir mulai surut di sebagian kecamatan, tetapi hujan dalam intesitas sedang masih mengguyur Aceh Timur dan sebagian wilayah Aceh lainnya. Warga diimbau terus siaga bencana. (pia)

MIXADVERT JASAPRO