Ekbis  

Jelang Akhir Tahun 2021, Bea Cukai Tetap Berikan Pelayanan Ekspor Komoditas

JagatBisnis.com – Menjelang pergantian tahun 2021, Bea Cukai kembali berikan pelepasan ekspor atas komoditas unggulan di beberapa daerah di antaranya dilakukan di daerah Pekanbaru serta Ambon. Dalam pelaksanaanya, dilakukan ekspor berupa Pinang dengan tujuan Thailand dan Iran, serta Ikan Tuna segar dengan tujuan Jepang. Ekspor kali ini menjadi ekspor penutup yang memberikan dampak ekonomi positif secara mikro maupun makro.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi, Tubagus Firman Hermansjah, mengatakan bahwa ekspor akhir tahun ini menjadi bukti bahwa Bea Cukai tetap hadir melayani serta memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Firman juga menyampaikan apresiasi atas sinergi lintas lembaga yang menjadikan ekspor ini menjadi nyata.

“Kami senantiasa menanti dan memberikan pelayanan terbaik atas perusahaan yang ingin melakukan ekspor ke luar negeri. Diperkirakan senilai 10 miliar rupiah yang di ekspor dari hasil komoditas daerah masing-masing ini. Tentu ini akan berdampak baik terhadap perekonomian Indonesia,” tutur Firman.

Baca Juga :   Beri Efek Jera, Bea Cukai Gelar Pemusnahan Barang Ilegal

Dalam laporannya, ekspor pinang yang dilakukan oleh IKM melalui Fasilitas Kepabeanan Pusat Logistik Berkat PT Surya Inti Primakarya Pekanbaru mencatatkan nilai sebesar 10 miliar rupiah. Kegiatan pelepasan ekspor pinang kali ini menjadi sinergi antara Pemerintah Provinsi Riau, Kementerian Perdagangan, serta Bea Cukai Pekanbaru.

Baca Juga :   Produk Kerajinan Tasikmalaya dan Rambut Palsu dari Jogjakarta Tembus Pasar Internasional

Tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan di Kota Ambon. Melalui Bandara Pattimura Ambon, sejumlah Fresh Tuna Whole dengan total tonase 6,2 ton dikirimkan ke Narita, Jepang. Ekspor yang dilakukan pada tanggal 25 Desember 2021 ini menjadi bukti bahwa Bea Cukai Ambon tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada semua pengguna jasa.

Baca Juga :   Bea Cukai Laksanakan Pemusnahan Barang Milik Negara Serta Barang Berpotensi Berbahaya

“Kami berterimakasih terhadap Pemerintah Provinsi, Kementerian Lembaga lain maupun pengusaha-pengusaha yang melakukan ekspor demi mendukung pemulihan ekonomi nasional yang sedang digalakan pemerintah. Diharapkan dengan meningkatkan sinergi lintas lembaga semacam ini perekonomian Indonesia akan terus membaik bahkan sampai meningkat” tutup Firman. (srv)