Ribuan Konten Hoaks Covid, di Takedown

JagatBisnis.com –  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memaparkan banyaknya sebaran konten hoaks soal vaksin Covid-19 sepanjang tahun 2021. Dari 420 hoaks yang terdeteksi tersebut telah disebarluaskan hingga ribuan kali melalui beragam platform digital.

“Jadi total ada 2.518 sebaran. Jumlah itu terhitung sejak Senin 27 Desember 2021,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Usman Kansong, Rabu (29/12/2021).

Diungkapkan Usman, penyebaran hoaks terbanyak itu ada dalam platform Facebook. Setidaknya dari 420 hoaks yang ditemukan telah disebarluaskan hingga 2.306 kali di Facebook. Karena, penyebaran di Facebook itu menjadi yang paling banyak ketimbang platform digital lainnya.

Baca Juga :   Konten Belajar Menarik, Jawaban Tantangan Belajar dari Rumah

“Kemudian posisi kedua ditempati oleh Twitter dengan 110 kali penyebaran ulang. Sementara untuk YouTube terdapat 43 sebaran hoaks, Tiktok 21 kali dan Instagram 18 kali. Namun seluruh konten penyebaran hoaks tersebut sudah kami diturunkan,” imbuhnya.

Baca Juga :   Shelvy Eightiarini, Difabel Netra Juara Lomba Menulis Surat untuk Kartini Kementerian Kominfo 2021

Dia mengaku, pihaknya memiliki kerja sama dengan platform digital sehingga memudahkan untuk melakukan koordinasi apabila ditemukan hoaks. Karena hingga 2021, pihaknya telah melakukan literasi digital kepada sekitar 12,5 juta rakyat Indonesia di seluruh pelosok Indonesia.

Baca Juga :   Percepat Transformasi Digital, 4 Ribu BTS Dibangun Wilayah 3T

“Kami melakukan literasi digital itu sudah diikuti lebih dari 10 juta masyarakat Indonesia yang sudah berliterasi digital tahun ini,” pungkas Usman. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO