Ekbis  

Sinergi Bea Cukai Pangkalpinang Bersama BNN Berantas Peredaran Narkotika

JagatBisnis.com – Bea Cukai Pangkalpinang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepulauan Bangka Belitung dan BNNK Pangkalpinang dalam pemberantasan peredaran gelap narkotika dengan melakukan berbagai aksi penindakan hingga pemusnahan barang bukti.

Bea Cukai Pangkalpinang turut hadir dalam konferensi pers dan pemusnahan barang bukti narkotika pengungkapan kasus tindak pidana narkotika oleh BNNP Kepulauan Bangka Belitung pada Kamis (23/12) lalu.

Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Pangkalpinang, Imam Supriadi, menyebutkan tiga kegiatan sinergi Bea Cukai Pangkalpinang, BNNP Kepulauan Bangka Belitung dan BNNK Pangkalpinang, yaitu pengungkapan kasus tindak pidana narkotika jenis ekstasi sebanyak 1.156 butir dan sabu seberat 244 gram di salah satu hotel di Pangkalpinang, pengungkapan sabu seberat 102,26 gram di Desa Kace Timur Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka dan pengungkapan sabu seberat 1.733,37 gram atau 1,7 kilogram di salah satu Komplek Perumahan di Tua Tunu Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang.

Baca Juga :   Gelar Sosialisasi di Tujuh Wilayah, Ini Upaya Bea Cukai Tekan Peredaran Rokok Ilegal

“Ditengah keterbatasan akibat pandemi, Bea Cukai Pangkalpinang tetap berperan aktif dalam meningkatkan pengawasan, komitmen, serta sinergi untuk dapat menekan pelanggaran hukum yang berpotensi menyebabkan kerugian negara dan membahayakan masa depan bangsa,” ujar Imam.

Baca Juga :   Bea Cukai Sidoarjo Amankan Belasan Ribu Botol Vape Ilegal

Pemusnahan barang bukti berupa narkotika kemudian digelar bersama dengan cara menghancurkan barang menggunakan blender lalu dibuang ke saluran pembuangan akhir (septic tank).

Baca Juga :   Bea Cukai Malang Ajak Masyarakat Kenali Ciri Rokok Ilegal dan Berantas Peredarannya

“Pengungkapan barang haram ini telah menyelamatkan 16.000 jiwa dari bahaya penyalahgunaan narkotika,” ungkap Kepala BNNP Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Pol M Zainul Muttaqien.

Diharapkan sinergi antara Bea Cukai dengan BNN dan instansi terkait dapat terus terjaga untuk menjaga Indonesia dari peredaran narkotika yang membahayakan generasi penerus bangsa serta masa depan negara.(srv)

MIXADVERT JASAPRO