Ekbis  

Amankan Penerimaan Negara dan Jaga Masyarakat, Bea Cukai Musnahkan Barang-Barang Ilegal

JagatBisnis.com – Terus bekerja menjaga keamanan Indonesia dari ancaman barang-barang illegal yang beredar, Bea Cukai Cirebon kembali melaksanakan kegiatan Pemusnahan Barang Milik Negara pada Kamis (23/12/2021). Kegiatan dilakukan secara simbolis di halaman Kantor Bea Cukai Cirebon bersama perwakilan dari instansi-instansi terkait seperti TNI, Kepolisian, Kejaksaan, Pemerintah Daerah hingga Satker Kemenkeu di wilayah Ciayumajakuning.

Pada pemusnahaan kali ini dilakukan pemusnahan lebih dari 5,8 juta batang rokok ilegal, 24 ribu mililiter vape liquid serta 120 ribu gram tembakau iris yang menjadi hasil dari penindakan sebanyak 836 SBP (Surat Bukti Penindakan). Bea Cukai Cirebon juga melakukan pemusnahan terhadap beberapa barang yang tidak memenuhi persyaratan untuk diimpor seperti senjata, tanaman, kosmetik, obat-obatan, sextoys, pestisida, barang-barang mewah, dan lain sebagainya.

Kepala Kantor Bea Cukai Cirebon, Encep Dudi Ginanjar, mengatakan proses pemusnahan kali ini dilakukan dengan dua cara. Sekitar 1 juta batang rokok ilegal dan barang hasil penindakan lainnya dimusnahkan secara simbolis dengan cara dibakar dan digergaji. Sementara 4 juta batang rokok ilegal dan barang hasil penindakan sisanya dimusnahkan dengan cara ditimbun di TPA Kopi Luhur, Kota Cirebon.

Baca Juga :   Bea Cukai Meulaboh Amankan 200 Ribu Batang Rokok Ilegal di Blangpidie, Aceh

“Diperkiraan nilai barang yang dimusnahkan mencapai 6,6 milyar rupiah. Sementara itu, potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan dari penindakan barang-barang tersebut mencapai nilai 3 milyar rupiah. Kegiatan pemusnahan ini merupakan ajang sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan tugas Bea Cukai dalam memberantas Barang Kena Cukai Ilegal.” tutur Encep

Baca Juga :   Bea Cukai di Jawa Timur Paparkan Ketentuan Cukai ke Masyarakat Umum Hingga Santri

Dalam rangka menjalankan fungsi community protector, Bea Cukai Cirebon akan senantiasa menjalin sinergi dengan aparat penegak hukum untuk memberantas barang-barang ilegal yang beredar di masyarakat. Selain itu upaya ini juga dilakukan untuk menciptakan iklim industri yang sehat di masyarakat guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. (srv)

MIXADVERT JASAPRO