Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Sudah 2,3 Juta Dosis Suntikan

JagatBisnis.com –  Sejak dimulainya vaksinasi anak usia 6-11 tahun, laju rata-rata vaksinasi Covid-19 dalam seminggu terakhir kembali meningkat. Angkanya, rata-rata 1,2 juta dosis per hari. Vaksinasi anak ini menambah laju vaksinasi harian lebih dari 300 ribu dosis dalam empat hari terakhir.

“Total vaksinasi anak usia 6-11 tahun sudah mencapai 2.324.644 dosis yang telah disuntikkan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga koordinator Pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) luar Jawa-Bali dalam keterangannya, Senin (27/12/2021).

Dia menjelaskan, laju vaksinasi di wilayah luar Jawa-Bali juga meningkat dan menyumbang 55,6 persen dari laju rata-rata harian nasional. Sedangkan, data dari Kementerian Kesehatan, hingga 27 Desember 2021 pukul 12.00 WIB cakupan vaksinasi dosis pertama mencapai 156,99 juta dosis atau 75,38 persen dari target sasaran. Sedangkan untuk dosis kedua mencapai 110,81 juta dosis atau 53,21 persen dari target.

Baca Juga :   Anies Tinjau Vaksinasi Perdana untuk Anak Usia 6-11 Tahun

“Selama Natal dan Tahun Baru, pemerintah terus melakukan evaluasi semua kebijakan pengendalian Covid-19, terutama pelaksanaan PPKM. Pemerintah juga terus mendorong kewaspadaan dan menyiapkan berbagai langkah antisipasi, mengingat penyebaran varian Omicron yang semakin meluas kasusnya di seluruh dunia,” ungkapnya.

Baca Juga :   Vaksinasi Anak Sasar di Pedalaman Papua

Menurut dia, terkait pelaksanaan Program Vaksinasi Dosis Lanjutan (booster) yang menjadi sasaran utama adalah tenaga kesehatan (nakes), tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes), kelompok masyarakat lanjut usia (lansia), serta masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Baca Juga :   180 Siswa SD di Pangkalpinang Divaksinasi COVID-19

“Untuk Program Vaksinasi Booster Mandiri menargetkan kelompok masyarakat di luar kelompok sasaran Program Vaksinasi Dosis Lanjutan. Booster Program) juga masih menunggu laporan dan rekomendasi ITAGI pada 10 Januari 2022,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO