Siapkan 4 Hal Ini Bila Ingin Sekolah ke Luar Negeri

JagatBisnis.com – Bagi sebagian orang, meneruskan pendidikan ke luar negeri adalah sebuah impian dan goals masa depan. Faktornya bermacam-macam, mulai dari keinginan agar lebih mandiri, mencari pengalaman baru di negara lain, hingga faktor kualitas pendidikan.

Di sisi lain, tentunya banyak persiapan yang harus dilakukan saat memutuskan sekolah ke luar negeri. Tidak hanya persiapan seputar dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar sekolah, namun juga persiapan lain yang dapat menunjang kehidupan saat di sana.

Bahkan bila tidak dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan, bisa membuat proses belajar kurang optimal. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan saat ingin sekolah ke luar negeri?

1. Persiapkan seluruh dokumen pendukung

Ya, banyak dokumen yang harus mulai dipersiapkan sebelum berangkat. Selain Letter of Acceptance (LOA) sebagai bukti kamu diterima di sebuah sekolah di luar negeri, beberapa dokumen yang perlu dibawa meliputi; ijazah dan transkrip nilai berbahasa Inggris yang sudah dilegalisir, hasil test TOEFL/IELTS, paspor, visa, hingga identitas diri meliputi akta kelahiran dan KTP.

Baca Juga :   2.551 Anak Usia Sekolah di Sumba Barat Tidak Bersekolah

Bagi penerima beasiswa biasanya juga harus mempersiapkan CV dan essay. Nah, ada beberapa dokumen yang memerlukan waktu cukup lama untuk diterbitkan. Jadi sebaiknya persiapkan sejak jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, ya!

2. Kenali sistem pendidikan di negara tujuan

Sistem pendidikan negara tujuan belum tentu sama dengan di Indonesia. Untuk itu, sebaiknya pelajari juga sistem pendidikan yang digunakan di negara tempat kamu akan menuntut ilmu, sehingga nantinya lebih mudah beradaptasi.

Baca Juga :   Luhut: Kita Lebih Takut Generasi Pendidikan Masa Depan Bodoh

Beberapa bulan sebelum berangkat, kamu bisa mulai mencari informasi sebanyak-banyaknya di internet, mulai dari sistem penerimaan siswa baru, jam belajar, hingga sistem ujian yang diterapkan. Bila punya kenalan di sekolah yang sama, tak ada salahnya juga meminta testimoni berdasarkan pengalaman mereka.

3. Pelajari bahasa dan budayanya

Memang, biasanya siswa dari luar negeri akan ditempatkan di kelas internasional dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar saat proses pembelajaran. Meski begitu, sebaiknya pelajari juga budaya dan bahasa lokal di negara yang kamu tuju.
Kamu bisa memulainya dengan mempelajari dasar-dasar percakapan yang bisa kamu gunakan sehari-hari serta kebiasaan yang kerap dilakukan warga lokal. Hal ini akan memudahkan kamu saat harus berbelanja, mengakses fasilitas umum, hingga jadi lebih mudah saat bepergian dengan kendaraan umum.

Baca Juga :   350 Siswa Jalani Pemeriksaan Mata

4. Menghitung biaya hidup

Lalu yang tidak kalah penting adalah menghitung dengan saksama perkiraan biaya yang dibutuhkan selama menempuh pendidikan di negeri orang. Selain menghitung biaya yang dibutuhkan untuk keperluan sekolah, ada biaya lain yang harus diperhitungkan seperti tiket pesawat, tempat tinggal, dan biaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Agar tidak kerepotan, buat list biaya yang dibutuhkan, dari yang paling diprioritaskan. Sehingga orang tua juga bisa mulai mempersiapkan berapa biaya bulanan yang dibutuhkan anaknya hingga selesai masa pendidikan. (pia)

MIXADVERT JASAPRO