Sejak Operasi Posko Angkutan Nataru, KAI Berangkatkan 88 ribu Penumpang

JagatBisnis.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daops 1 Jakarta telah memberangkatkan 88 ribu penumpang selama 7 hari masa operasi Posko Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), sejak 17 hingga 23 Desember 2021. Sementara untuk keberangkatan harian, sebanyak 14,079 penumpang telah telah berangkat pada hari ini atau H-1 Natal.

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, dari jumlah tersebut, volume penumpang dari Stasiun Gambir mencapai 6.055 penumpang dengan 29 kereta api (KA). Kemudian, untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen sebanyak 8024 penumpang dengan 21 KA. Adapun, kedatangan KA yang masuk ke wilayah Daop 1 Jakarta, sebanyak 4.390 penumpang di Stasiun Gambir dan sebanyak 4.108 lainnya di Stasiun Pasar Senen.

“umlah tersebut masih tergolong normal untuk masa pandemi. Dibandingkan periode Nataru sebelum masa pandemi, kami dapat memberangkatkan rata-rata 40 ribu penumpang per hari. Sedangkan untuk keberangkatan mencapai 83 KA per hari dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen,” katanya, Sabtu (25/12/2021).

Baca Juga :   PT KAI Gusur 7 Rumah di Jalan Laswi Bandung Tanpa Peradilan

Dia menjelaskan, semua penumpang yang telah berangkat itu telah memenuhi persyaratan perjalanan selama pandemi seperti vaksinasi dan pengetatan protokol kesehatan. Sehingga bisa dipastikan, seluruh penumpang yang berangkat telah memenuhi persyaratan perjalanan pada masa pandemi

Baca Juga :   Selamatkan Aset Bermasalah, KAl Gandeng Kejari Malang

Sementara itu, VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus menambahkan, pergerakan masyarakat pengguna KA masih relatif stabil dan belum ada peningkatan yang signifikan. Adapun tiket yang terjual pada momen libur akhir pekan dan libur Natal (24-26 Desember 2021) mencapai 32.053 pelanggan per hari atau 40 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan.

“Menghadapi masa libur natal dan menjelang tahun baru, tiket kereta masih cukup tersedia untuk dapat dinikmati oleh pelanggan, kami melihat pelanggan masih mengamati perkembangan kasus Covid-19 sebelum melakukan perjalanan pada musim libur ini,” kata Joni.

Baca Juga :   Pagar Tembok Stasiun Purwokerto Dipercantik dengan Mural

Menurut dia, adapun KA yang menjadi favorit masyarakat pada periode tersebut adalah KA Airlangga (Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi pp), KA Bengawan (Pasar Senen – Purwosari pp), KA Kahuripan (Kiaracondong – Blitar pp), KA Jayabaya (Pasar Senen – Malang pp), KA Malabar (Bandung – Malang pp). (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO