Hujan Es di Malang, Begini Penjelasan BMKG

JagatBisnis.com – Hujan es dan angin kencang melanda Kota Malang, Jawa Timur, sekitar pukul 13.00 WIB, Kamis (23/12/2021). Hujan es terjadi di sebagian wilayah Sawojajar dan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Hujan es tersebut terjadi sekitar 10 menit. Hal ini membuat sejumlah warga menghentikan laju kendaraan saat melintas di jalan Ki Ageng Gribig Kota Malang.

Baca Juga :   Warga Sumbar Diminta Waspada Bakal Ada Banjir dan Longsor

Menanggapi fenomena tersebut, Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Malang, Anung Suprayitno menjelaskan fenomena hujan es yang terjadi di Malang, Jawa Timur disebabkan munculnya awan Cumulonimbus (Cb) yang terbentuk akibat pemanasan dan cuaca terik pada siang hari.

“Kemudian, awan Cumulonimbus yang sudah berada pada tahap matang akan mengalami pendinginan atau kondensasi ekstrem. Sehingga berpotensi untuk turun dalam keadaan masih berbentuk partikel es. Hujan es hanya berasal dari awan Cumulonimbus, namun tidak setiap awalan Cb menimbulkan hujan es,” katanya, Kamis (23/12/2021).

Baca Juga :   Prakiraan Cuaca Jakarta Selasa 22 Desember: Umumnya Berawan

Menurut dia, fenomena hujan es bersifat sangat lokal dalam radius lima hingga sepuluh kilometer. Selain itu, fenomena ini juga umumnya berlangsung dalam waktu singkat, dengan kemungkinan yang kecil untuk terjadi di lokasi yang sama.

Baca Juga :   BMKG Sebut Suhu Permukaan Laut di Pasifik Telah Lewati Ambang Batas La Nina

“enomena cuaca ekstrem semacam ini merupakan hal yang lumrah terjadi pada masa pergantian musim hingga musim hujan. Maka dari itu, kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada pada cuaca ekstrem yang mungkin terjadi beserta dampak yang ditimbulkannya,” tutup Anung. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO