Ekbis  

Gelar CGTS, Bea Cukai Beberkan Tugas dan Fungsinya di Kalangan Pelajar

JagatBisnis.com –  Kenalkan tugas dan fungsinya serta mengenalkan budaya anti korupsi ke para pelajar, Bea Cukai menggelar kegiatan Customs Goes To School (CGTS) di beberapa daerah. Kali ini kegiatan CGTS dilaksanakan masing-masing di Bali, Pangkalpinang, dan Cilacap.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, mengungkapkan bahwa CGTS rmerupakan agenda Bea Cukai untuk memberikan informasi yang bermanfaat tentang kepabeanan dan cukai serta pentingnya budaya anti korupsi kepada para pelajar untuk disebarluaskan dan diterapkan di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Di Badung, Kanwil Bea Cukai Bali Nusra mengadakan kegiatan GCTS untuk mengenalkan tugas fungsi Bea Cukai dan budaya anti korupsi di SMA Negeri 2 Kuta, Bali, pada Rabu (15/12). Dalam kegiatan ini turut dijelaskan terkait pengamanan terhadap barang impor dan ekspor, serta adanya pungutan negara berupa bea masuk (BM) dan bea keluar (BK). Terkait anti korupsi, juga dijelaskan bahwa Bea Cukai telah melakukan pembenahan di sisi internal. Terhadap sisi eksternal, Bea Cukai terus berupaya dengan memberikan sosialisasi dan edukasi.

Baca Juga :   Fokus Tingkatkan Ekspor, Bea Cukai dan Pemda Berkolaborasi

“Bali adalah salah satu destinasi wisata di Indonesia yang banyak diminati warga asing, jadi pengetahuan terkait peran Bea Cukai dalam pengawasan barang-barang masuk dari luar negeri, baik barang bawaan penumpang atau barang kiriman, sangat penting untuk diketahui oleh para pelajar di Bali. Perlu diketahui juga bahwa Bea Cukai memliki unit K-9 dalam menjalankan tugas pengawasannya,” ujar Firman.

Baca Juga :   Bea Cukai Bahas Pemulihan Ekonomi Nasional Bersama Pemerintah Provinsi  

Selanjutnya, Bea Cukai Pangkalpinang juga menyelenggarakan kegiatan CGTS ke beberapa sekolah di wilayahnya, November lalu. Beberapa sekolah yang dikunjungi adalah SMK Negeri 1 Pangkalpinang, SMA Negeri 2 Pangkalpinang, dan SMA Negeri 1 Pangkalpinang.

Dalam CGTS ini, Bea Cukai Pangkalpinang mengenalkan tugas dan fungsi utama Bea Cukai yang menjadi garda terdepan dalam mengawasi arus keluar masuk barang dari dan ke dalam negeri. Pada kesempatan ini, Bea Cukai Pangkalpinang juga memberikan sertifikat dan plakat kepada para pemenang pada ajang Olimpiade Pemberantasan Penyelundupan Pesisir Timur Sumatera (OP3TS).

Baca Juga :   Bea Cukai Lakukan Digitalisasi Pelaporan Dokumen Cukai dengan Aplikasi ExSIS

Sejalan dalam memberikan pengetahuan terkait Bea Cukai, kali ini Bea Cukai Cilacap menerima kunjungan dari siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Anak Sholeh (BIAS) Cilacap, pada Kamis (16/12). Kunjungan ini merupakan salah satu kegiatan belajar mengajar extra ordinary SDIT BIAS untuk mengenalkan siswanya terkait Bea Cukai sejak dini.

“Kita ingin anak-anak juga mengatahui apa itu Bea Cukai dan perannya. Dengan pengetahuan sejak dini ini, kami harap para siswa dapat termotivasi untuk menjadi pegawai Bea Cukai di masa depan, demi menjaga Indonesia dari masuknya barang-barang ilegal,” pungkas Firman.(srv)

MIXADVERT JASAPRO