2022, Busana Ramah Lingkungan Terus Digalakkan

JagatBisnis.com – Konsep busana ramah lingkungan atau busana berkelanjutan yang biasa dikenal dengan sustainable fashion masih terus diusung. Konsep busana ramah lingkungan terus digalakkan oleh para desainer dalam negeri maupun dunia. Konsep ini menjadi salah satu bentuk menjaga lingkungan dan bumi yang akan terus digalakkan pada tahun 2022.

Baca Juga :   Lacoste Keluarkan Versi Busana Bersepeda

Dari tahun ke tahun, konsep busana berkelanjutan atau ramah lingkungan terus digaungkan oleh para desainer dan brand di seluruh dunia guna membangun kesadaran pada konsumen mengenai pentingnya menjaga keseimbangan alam.

Desainer sekaligus Ketua Nasional Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma berpendapat bahwa konsep sustainability memang sudah seharusnya diaplikasikan di dalam industri fashion, bukan hanya sekadar musiman.

Baca Juga :   Warna Pastel Masih jadi Primadona untuk Trend di Dunia Fesyen 2022

Terlebih, ia khawatir industri fashion di Indonesia terus-menerus mengulang kesalahan brand internasional yang menerapkan konsep fast fashion yang berkembang pada awal 2000-an.

“Akhirnya pakaian itu gampang ditinggalkan dan tidak dimanfaatkan, ujung-ujungnya adalah mencemari lingkungan,” kata Ali Charisma, kepada wartawan, ditulis di Jakarta, Senin, (20/12/2021).

Baca Juga :   Inovasi Kreatif Skala Internasional Lewat Karya Mahasiswa UniSadhuGuna Internasional College

Dia menambahkan, Tren fast fashion, memicu orang-orang konsumsi fashion secara berlebihan. Ini juga, masih menurutnya membuat orang cenderung tidak menaruh rasa penghargaan pada pakaian.

“Sebab harganya pun menjadi semakin kompetitif dan murah,” tambahnya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO