Diakhir Tahun 2021, Elektabilitas Prabowo Makin Meningkat

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

JagatBisnis.com – Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto semakin meningkat di penghujung tahun 2021 menjadi 23,2 persen.

“Jika survei SPIN periode Agustus 2021 dikomparasi dengan survei saat ini, menunjukkan adanya pola peningkatan keterpilihan terhadap Prabowo sebesar 1,3 persen, yakni dari 21,9 persen menjadi 23,2 persen,” kata Direktur Survey and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (19/12/2021).

Elektabilitas Prabowo Subianto mengungguli tokoh nasional lain, seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Airlangga Hartarto. Hal tersebut tercermin dari hasil survei Survey and Polling Indonesia (SPIN). Elektabilitas Prabowo Subianto kini mencapai 23,2 persen, sementara tokoh nasional lainnya masih berada di bawah 20 persen.

Baca Juga :   Golkar Dukung Airlangga Maju di Capres 2024

Pola berbeda terlihat Ganjar dan Anies dengan adanya penurunan dukungan terhadap masing-masing sekitar 3,0 persen untuk Ganjar, yakni dari 16,1 persen menjadi 13,1 persen, dan 2,5 persen untuk Anies, yakni dari 15,6 persen menjadi 13,1 persen.

Penurunan terlihat pada Ganjar lebih besar dari Anies. Namun masih sangat terbuka peluang bagi para calon karena ada sebesar 18,3 persen yang belum dapat menentukan pilihannya.

Baca Juga :   Prabowo Belum Putuskan Meski Kader Dukung Lagi Jadi Capres 2024

Menurut Igor, Survei SPIN mencoba mengukur opini publik tentang tingkat kepantasan (suitabilitas) para tokoh nasional untuk menjadi Calon Presiden 2024. Publik memiliki parameter sendiri dalam mengukur tingkat kepantasan. Penilaian publik berada di interval 50 persen hingga 70 persen lebih.

“Bagi tingkat kepantasan, publik menilai siapa dari tokoh-tokoh nasional yang pantas jadi calon presiden. Dari variabel pertanyaan tersebut bahwa Prabowo memiliki persentase kepantasan tertinggi, setelah itu Ganjar Pranowo, Anies, Airlangga, Sandi, dan Puan,” ucap dia.

Elektabilitas Prabowo Meningkat Tapi Gerindra Tidak
PDIP masih menjadi pilihan utama pilihan publik, kemudian Gerindra dan Golkar.

Baca Juga :   Dukung Anies di Capres 2024, FPI-PA 212: Itu Hoaks

SPIN melakukan survei pada tanggal 22 November-1 Desember 2021 dengan total jumlah responden 1.670 orang, berusia minimal 17 tahun yang tersebar di 34 provinsi dengan metode “multi-stage random”, tingkat kepercayaan 95 persen, dan “margin of error” sebesar kurang lebih 2,4 persen.

Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara langsung dengan bantuan kuesioner. Kontrol kualitas 10 persen dari sampel. Teknis survei secara tatap muka dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.(pia)

MIXADVERT JASAPRO