Cegah Omricon, Masyarakat Harus Segera Ikut Vaksinasi

JagatBisnis.com – Pemerintah tak berhenti menggencarkan vaksinasi ke seluruh daerah di Indonesia. Sebab vaksinasi menjadi salah satu pencegahan agar tidak tertular Covid-19, khususnya varian baru Omicron. Karena Kementerian Kasehatan sudah mengumumkan kasus terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron terdeteksi di wilayah Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta masyarakat yang belum divaksin untuk segera melakukan vaksinasi di fasilitas terdekat. Karena sejauh ini varian Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama yang sudah divaksin. Munculnya kasus ini ini tidak terelakkan karena salah satu karakter varian Omicron adalah penularannya yang sangat cepat.

“Kunci pencegahan penyebarannya adalah segera divaksin, menaati protokol kesehatan, tetap waspada, dan tidak panik. Untuk itu, semua warga yang belum divaksin agar segera mendatangi fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksin,” ujar Johnny, dalam keterangan tertulis, Senin (20/12/2021).

Baca Juga :   90 Persen Kasus Omicron di RI Sudah Divaksin

Dia menegaskan, adapun yang harus dilakukan saat ini adalah berupaya sekuat tenaga agar varian omicron tidak meluas dan menghindari terjadinya penularan lokal. Oleh karena itu, semua elemen masyarakat diminta agar menjaga situasi Indonesia tetap baik dan mempertahankan tingkat penularan rendah.

Baca Juga :   Dokter Tak Anjurkan Vaksinasi COVID-19 di Awal Kehamilan

“Kami juga meminta pemerintah daerah untuk menggencarkan penelusuran dan pengetesan kontak erat guna mendeteksi kasus konfirmasi secara lebih dini. Makanya, mobilitas pejabat negara dan seluruh warga harus dibatasi. Salah satunya dengan tidak melakukan perjalanan utamanya ke luar negeri untuk sementara waktu sampai situasi pandemi mereda,” tutupnya.(*/esa)

MIXADVERT JASAPRO