Oksigen Generator Bantuan Singapura Disebar ke 12 Rumah Sakit

JagatBisnis.com – Pemerintah menerima bantuan oksigen generator dari KBRI Singapura dan Diaspora Indonesia di Singapura. Bantuan oksigen generator ini akan disalurkan ke 12 rumah sakit di 8 provinsi.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pihaknya menerima bantuan tersebut kerena ketersediaan oksigen medis di rumah sakit rujukan Covid-19 menjadi hal yang sangat krusial. Karena, oksigen berperan mengantisipasi kondisi darurat dalam merawat pasien dengan gejala sedang dan berat.

“Kini kondisi RS dengans stok oksigen kurang dari 12 jam sudah semakin menurun trennya jika dibandingkan dengan kondisi saat puncak gelombang kedua lalu. Makanya, kami terus berupaya memastikan kecukupan kebutuhan oksigen medis dan obat-obatan dengan melibatkan semua pihak dari dalam dan luar negeri,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu (18/12/2021).

Menurut dia, dengan adanya bantuan oksigen generator dan kompresor ini tentunya sangat membantu pemerintah dalam meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan dan menangani pandemi Covid-19 ini. Karena bantuan 12 oksigen generator dan kompresor yang diberikan setara dengan 20 ton oksigen per hari.

“Meski tren konfirmasi harian Covid-19 secara nasional terus menurun, kondisi ini tetap perlu diwaspadai. Karena, ada varian baru Omicron yang mulai terdeteksi dan tingkat mobilisasi masyarakat yang meningkat. Diharapkan, elombang ketiga tidak terjadi di Indonesia.

Sementara itu, Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratamo menambahkan, walau kondisi Indonesia saat ini sudah membaik, namun tetap diperlukan upaya membangun sistem kesehatan yang dapat diandalkan, termasuk menyediakan infrastruktur kesehatan yang baik dan memadai. Bantuan oksigen generator dari ini bertujuan untuk ikut membangun sistem kesehatan di Indonesia .

“Bantuan ini mencerminkan kerja sama dan kekompakan dalam menghadapi tantangan saat ini hingga tantangan ke depan dalam menghadapi new pandemic,” tutup Suryon. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO