Masa Pandemi, Jobseeker Lebih Selektif dalam Mencari Pekerjaan

JagatBisnis.com – Di masa pandemi, Jobseeker lebih berhati-hati dan selektif dalam mencari perusahaan yang memberikan kesempatan untuk bisa bekerja dari rumah atau remote-working. Karena dari riset Nielsen, karyawan yang mendapat kesempatan Work From Home (WHF) selama pandemi sudah mulai merasa nyaman dan beradaptasi dengan metode bekerja dari rumah.

Talent Acquisition Specialist Niagahoster, Kiptya Nur Astari, mengatakan, dengan penerapan WFH, karyawan merasa memiliki kebebasan lebih dan lebih fleksibel untuk menjalani kehidupan sesuai dengan keinginannya tanpa terikat seperti ketika mereka masih harus berada di kantor jam 8 pagi – jam 5 sore. Selain itu, karyawan juga lebih merasakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan mereka di rumah (work-life balance).

“Kebanyakan perilaku karyawan saat ini ketika perusahaan mereka sudah mulai menerapkan Work From Office (WFO), justru mereka mulai mencari kesempatan baru di perusahaan lain yang menerapkan WFH. Karena beberapa dari mereka masih merasa tidak aman dengan situasi pandemi jika harus kembali bekerja di kantor,” katanya, Kamis (16/12/2021).

Belum lagi, lanjut dia, dengan dunia yang bergerak ke era digital yang semakin advance, industri IT pun semakin menarik perhatian para jobseeker. Karena menawarkan bisnis yang menjanjikan di tahun 2022. Dari proyeksi bisnis, trennya juga mulai bergerak dari healthcare dan finance menuju ke industri IT.

“Jadi wajar, kalau Perusahaan IT seperti kami kemudian memilih untuk membuat proses rekrutmen secara online. Bahkan, sejak pandemi, kami sudah mulai mengubah metode rekrutmen untuk mencari talent melalui acara yang bernama Virtual Career Fair,” umgkapnya.

Dia menjelaskan, Virtual Career Fair Niagahoster kali ini kembali hadir pada 17-19 Desember 2021 dengan mengambil tema Advance Career Conference: “Reimagine Digital Industry In The Near Future”. Selama 3 hari kegiatan itu digelar dengan webinar berbagai tema yang bisa diikuti oleh peserta.

“Di antaranya membahas tentang remote-working yang kami terapkan, memahami strategi digital marketing pasca pandemi Covid-19, dan mengenai tren industri IT di tengah pandemi, serta beberapa tema lain. Ini merupakan kesempatan bagi orang-orang yang tertarik untuk menjadi bagian dari kami,” paparnya.

Ditambahkan, screening CV akan dilakukan, sehingga jika pelamar lolos akan langsung diwawancara secara online setelah acara berakhir. Saat ini sudah ada peralihan ke offline, namun pihaknya masih melakukan remote-working sampai benar-benar safe. Terkait jam kerja antara bekerja di rumah dan langsung ke kantor tidak jauh berbeda.

“Di perusahaan kami, itu semua tergantung dari pilihan para karyawan yang menyebut diri mereka sebagai Hoster Rangers. Ada karyawan yang lebih suka kerja di rumah, tapi ada juga yang tidak bisa kerja sendirian. Jadi kami bisa remote-working, tapi juga bisa mengakomodir yang kerja di kantor. Dari masa sebelum pandemi pun, jam kerja kami fleksibel tanpa melepaskan tanggung jawab sesuai fungsi masing-masing,” tutupnya. (jbc/eva)

MIXADVERT JASAPRO