2.200 Rumah di Babel Dikepung Banjir Rob

JagatBisnis.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat banjir rob mengepung 2.200 Rumah di Babel akibat air laut pasang.

“Rob tahun ini merupakan kondisi bencana terparah dalam lima tahun terakhir,” kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Rabu (15/12/2021).

Penyebab banjir rob mengepung 2.200 rumah di Babel, karena hujan lebat. Ada juga angin kencang pada Selasa (7/12/2021) hingga Kamis (9/12/2021). Korban Banjir Rob Capai 10.000 Jiwa

Baca Juga :   Wilayah Pesisir DKI Jakarta Waspada Banjir Rob

Angin Puting Beliung
Ribuan korban banjir rob itu tersebar di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur.

“Fenomena La Nina ini merupakan perubahan alam yang menyebabkan udara terasa lebih dingin atau mengalami curah hujan yang lebih tinggi yang berdampak cuaca ekstrem, hujan lebat, angin puting beliung, angin kencang, gelombang tinggi dalam periode singkat dan sering,” ujarnya.

Baca Juga :   Soal Banjir Rob di Semarang, Ini Pesan Megawati ke Ganjar

Mikron Antariksa menyatakan fenomena La Nina ini tidak hanya menimbulkan rob, tetapi juga angin puting beliung yang merusak 270 rumah di Desa Bencah, Desa Deles dan Desa Sidoarjo Kabupaten Bangka Selatan.

Mikron menyampaikan kekuatan personel, peralatan dan logistik sudah siap hadapi bencana. Mereka juga bertugas memasok bantuan logistik bagi daerah terdampak bencana.

“Kita berkoordinasi dengan Dinsospmd Babel dan menyatakan siap membantu penuh bencana ini, lengkap dengan menyiapkan Tagana dan dapur umum,” tutup dia.

Baca Juga :   BMKG: Waspada Banjir Rob di Lampung pada 2-6 Januari 2022

Antisipasi Banjir Rob
Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo mengatakan BMKG sudah menyiapkan cara mempermudah mitigasi terjadinya banjir rob. Yakni dengan menggunakan kalender pasang-surut.

Kalender pasang-surut 2022 dapat dimanfaatkan sebagai penyiapan upaya adaptasi dan mitigasi masyarakat pesisir dari potensi ancaman banjir rob di wilayah-wilayah yang sering terdampak atau pernah dilanda banjir pesisir atau rob.(pia)

MIXADVERT JASAPRO