Jokowi Resmikan Empat Embung di Jateng

JagatBisnis.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan empat infrastruktur pengairan (embung) dalam kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Selasa (14/12/2021). Total investasi untuk membangun keempat embung tersebut sekitar Rp33,4 miliar.

“Kita telah membangun empat embung dari 66 embung yang kita bangun di tahun 2021,” kata Jokowi seperti dikutip dari keterangan resminya, Selasa (15/12/2021).

Dia membeberkan keempat embung tersebut adalah Embung Bansari yang ada di Kabupaten Temanggung, Embung Dukun dan Embung Pagergunung yang ada di Kabupaten Magelang, serta Embung Tlogoguwo yang ada di Kabupaten Purworejo.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Berdoa di Lubang Buaya

“Kami berharap keberadaan embung-embung tersebut dapat memberikan manfaat nyata untuk produktivitas pertanian, penyediaan air baku, hingga potensi pariwisata bagi masyarakat sekitar. Sehingga produktivitas pertanian bisa lebih baik,” ungkapnya.

Menurut Jokowi, air dari keempat embung itu airnya juga bisa dipakai untuk air baku di rumah-rumah, serta untuk pariwisata masyarakat.

Baca Juga :   Jokowi Berharap Dapat Suplai Vaksin Gotong Royong Lebih Banyak

“Agar keberlangsungan para petani, teratasi. Petani harus memaksimalkan fungsi embung atau menyediakan embung. Tempatkan disekitar lahan pertanian,” tegasnya.

Dibeberkan, Embung Bansari memiliki kapasitas tampung 8,588 meter kubik dengan luas genangan 0,56 hektar dan dibangun dengan biaya Rp9,2 miliar. Sedangkan Embung Dukun memiliki kapasitas tampung 16.395 meter kubik dengan luas genangan 0,578 hektar dan dibangun dengan biaya Rp8,4 miliar.

Baca Juga :   Jokowi: Peran UMKM dan Perempuan Mampu Wujudkan Ekonomi yang lnklusif

“Embung Pagergunung diketahui memiliki kapasitas tampung 7.500 meter kubik dengan luas genangan 0,32 hektar dan dibangun dengan biaya Rp4,2 miliar. Sementara, Embung Tlogoguwo diketahui memiliki kapasitas tampung 15.775 meter kubik dengan luas genangan 0,573 hektar dan dibangun dengan biaya Rp11,6 miliar,” tutup Jokowi. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO