Indonesia Banyak Impor Mesin dan Perkakas dari Israel

JagatBisnis.com – Meskipun tidak memiliki hubungan diplomatik resmi, antara Indonesia dan Israel. Tapi, kedua negara tersebut memiliki transaksi perdagangan dengan nilai cukup besar. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia banyak mengimpor komoditas mesin atau peralatan elektrik, mesin atau peralatan mekanis, hingga perkakas dari Isreal sepanjang tahun ini.

“Impor dari Israel adalah mesin atau peralatan elektrik dan bagiannya, perkakas dari logam tidak mulia, dan mesin atau peralatan mekanis dan bagiannya,” terang Kepala BPS Margo Yuwono saat konferensi pers virtual, Rabu (15/12).

Margo memaparkan, Indonesia tidak hanya mengimpor komoditas dari Israel, tapi juga melakukan ekspor beberapa komoditas ke Israel. Komoditas yang paling utama diekspor adalah lemak dan minyak hewan/nabati. Selain itu, berbagai produk kimia dan alas kaki juga diekspor.

“Secara total, nilai ekspor Indonesia ke berbagai negara sepanjang tahun ini sudah mencapai USD209,16 miliar. Jumlahnya naik 42,62 persen dari USD146,65 miliar pada Januari-November 2020. Sedangkan dari sisi impor, totalnya senilai USD174,84 miliar pada Januari-November 2021. Nilainya tumbuh 37,53 persen dari USD127,13 miliar Januari-November 2020,” tutup Margo. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO