Ekbis  

Bea Cukai Berikan Asistensi Ekspor Dalam Bentuk Klinik Ekspor dan Kunjungan Pelaku Usaha

JagatBisnis.com – Sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui peningkatan ekspor, Bea Cukai mengadakan serangkaian kegiatan dalam memberikan informasi kesiapan komoditi ekspor, tata cara ekspor hingga asistensi ekspor yang dilaksanakan di berbagai daerah.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, mengatakan rangkaian kegiatan asistensi ini dikhususkan kepada pelaku usaha yang ingin melakukan ekspor ke luar negeri. Dengan demikian, kami ikut serta dalam menjalankan tugas sebagai industrial assistance serta dalam pemulihan ekonomi negara masa pandemi seperti ini.

“Kegiatan dilaksanakan secara terpisah di beberapa daerah yakni Ambon, Sumatera Utara serta Makassar melalui kantor pelayanan di daerah masing-masing. Kami memfokuskan pemberian materi terkait ekspor dari hulu ke hilir agar dapat memudahkan calon eksportir. Selain itu, kami juga menyiapkan beberapa buku panduan terkait ekspor yang memudahkan tim kami dalam memberikan pengarahan,” ungkap Firman.

Baca Juga :   Bea Cukai Kembali Lakukan Customs Visit Customer di Tiga Daerah

Di wilayah Ambon, kegiatan asistensi dilakukan dengan mengunjungi gudang pala milik PT Kamboti Rempah Maluku yang bertujuan untuk melihat kesiapan produk pala yang akan di ekspor. Perwakilan Bea Cukai yakni Bea Cukai Ambon yang menerima informasi bahwa pelaku usaha mengalami kesulitan dengan cepat mengunjungi dan memberikan bantuan terhadap rencana ekspor perdana PT Kamboti Rempah Maluku tersebut. Rencananya, PT Kamboti Rempah Maluku akan melakukan ekspor biji pala ke Rotterdam Belanda.

Baca Juga :   Bea Cukai Batam Pastikan Kesiapan Pelaksanaan Aturan Baru di Kawasan Bebas Efektif 1 Juni

Selain melakukan kunjungan, Bea Cukai juga senantiasa melakukan asistensi ekspor dengan menjadi pengisi dalam klinik ekspor yang diadakan intansi pemerintah lainnya. Dalam hal ini, Bea Cukai Kualanamu serta Bea Cukai Belawan menjadi salah satu pengisi dalam acara Indonesian Spices Forum and Business Expo 2021 di wilayah Sumatera Utara. Dalam kesempatan tersebut, pemateri menyampaikan bahwa prosedur kepabeanan dalam melakukan ekspor tidak sulit dan tidak dipungut biaya sama sekali.

Selain menjadi pemateri dalam klinik ekspor yang diadakan instansi lain, Bea Cukai juga memberikan materi dalam Webinar Series yang dilaksanakan Bea Cukai Makassar. Dalam pemaparannya, Bea Cukai Makassar mengajak pelaku UMKM mendukung pemulihan ekonomi agar semakin maju. Acara yang mengundang PT Samudra Indonesia sebagai perwakilan forwarder ekspor serta PT Bank Mandiri Tbk sebagai perbankan yang digunakan eksportir ini menjadi bentuk keikutsertaan Bea Cukai Makassar dalam dukungan program PEN.

Baca Juga :   Optimalkan Pemanfaatan DBHCHT, Bea Cukai Gelar Sosialisasi ke Pemda

“Kami ingin menekankan pesan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa ekspor itu mudah dan tidak dipungut biaya dalam pelaksanaannya. Dengan demikian kami harap masyarakat yang mengetahui hal tersebut akan tertarik dan mau untuk melakukan ekspor guna membantu perekonomian negara. Kami harap juga rangkaian kegiatan ini menjadi momentum bagi produk Indonesia dikenal dunia dan UMKM terus semangat dan berkembang dalam melakukan ekspornya,” tutup Firman.(srv)

MIXADVERT JASAPRO