Adanya Temuan Kasus Varian Omicron di Guangzhou

JagatBisnis.com – Otoritas kesehatan China menemukan kasus kedua COVID-19 varian Omicron pada Selasa (14/12/2021).

Kasus kedua ditemukan di Kota Guangzhou. Sebelumnya kasus pertama ditemukan di Kota Tianjin wilayah utara pada Senin (13/12/2021) malam waktu setempat.

Kasus kedua Omicron itu ditemukan pada pasien berusia 67 tahun. Pasien itu baru pulang dari luar negeri dan tiba di Guangzhou pada 27 November dengan menggunakan pesawat nomor penerbangan CA-1837.

Baca Juga :   Pasca Temuan 140 Kasus Baru, Kota Xian China Lockdown

Kepada pers, Komisi Kesehatan Kota Guangzhou menambahkan, setelah ditelusuri CA-1837 tersebut merupakan maskapai penerbangan Air China jurusan Shanghai-Guangzhou. Shanghai menjadi pintu masuk pasien Omicron dalam perjalanan dari luar negeri.

Saat ini pasien melakukan karantina mandiri di rumah setelah menjalani karantina wajib di tempat ketibaan awal di Guangzhou.

Pasien dinyatakan positif setelah beberapa kali tes PCR selama periode karantina mandiri di rumahnya di Ibu Kota Provinsi Guangdong itu.

Baca Juga :   Kunci Lawan Varian Omicron dengan Menerapkan Protokol Kesehatan, 3T dan Vaksinasi

Saat tiba di Shanghai paparan virus varian Omicron masih belum terdeteksi.

Sementara itu, Direktur Komisi Kesehatan Kota Tianjin Gu Qing kepada pers mengungkapkan bahwa kasus pertama Omicron merupakan kasus impor dari Eropa.

Suhu tubuh pasien normal saat pertama kali mendarat di Tianjin pada Kamis (9/12).

Baca Juga :   Masker Ganda Bisa Mencegah Penyebaran Omicron

Kedua pasien Omicron tersebut kini dirawat di ruang isolasi rumah sakit yang khusus untuk pasien COVID-19.

China telah menerapkan kebijakan nol kasus COVID-19, terutama dalam menghadapi penyelenggaraan Winter Olympic 2022 di Beijing. Namun munculnya dua kasus Omicron tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi negara berpenduduk terbanyak di dunia itu.

Hingga Senin lalu, di China masih terdapat 51 kasus positif COVID-19 pada warga setempat.(pia)

MIXADVERT JASAPRO