Program JKN-KIS Lindungi Masyarakat di Tengah Pandemi

JagatBisnis.com –  Indonesia terus berupaya mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) melalui penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang telah berjalan sejak 2014. Sehingga dunia kesehatan Indonesia mengalami kemajuan sejak adanya JKN-KlS.

“Kami bersyukur, implementasi program JKN-KIS di Indonesia semakin baik. Dengan jumlah kepesertaan yang terus bertambah. Hal ini menandakan seluruh pihak ikut berkontribusi dengan baik untuk memberikan perlindungan terhadap seluruh masyarakat Indonesia,” kata Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti seperti dikutip dari laman resmi bpjskesehatan.go.id, Selasa (14/12/2021).

Dia menjelaskan, pencapaian UHC harus diimbangi oleh peningkatan kualitas pelayanan di seluruh fasilitas kesehatan (faskes). Dengan kemajuan sistem informasi di faskes yang diintegrasikan dalam JKN-KIS, peserta akan dimudahkan untuk mendapat pelayanan di tengah kondisi pandemi.

Baca Juga :   Daftar Iuran BPJS Kesehatan Kelas Standar Tengah di Uji Coba

“Program JKN-KIS juga berkontribusi dalam peningkatan infrastruktur rumah sakit melalui inovasi sistem informasi yang diintegrasikan ke dalam program JKN-KIS. Selain itu, kami juga melakukan penambahan kerja sama rumah sakit dalam rangka memperluas akses bagi peserta untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujar Ghufron.

Baca Juga :   Komisi IX DPR Minta Perluasan Peserta BPJS Kesehatan

Dia menerangkan, pihaknya juga berperan aktif dalam penanganan Covid-19 di Indonesia. Karena sudah berkontribusi melakukan verifikasi terhadap klaim pelayanan kesehatan akibat Covid-19 di rumah sakit. Bahkan, hingga mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui aplikasi P-Care Vaksinasi.

Baca Juga :   Iuran BPJS Kesehatan di Aceh Bisa Autodebet di BSI

“Salah satu faktor yang menjadi kunci keberhasilan Indonesia memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat adalah komitmen yang kuat dari pemerintah, juga seluruh pemangku kepentingan berupa sinergi lintas kelembagaan. Sehingga penyelenggaraan JKN-KIS bisa terus meningkat dan memberi manfaat maksimal bagi masyarakat,” pungkasnya. (*/eva).

MIXADVERT JASAPRO