PPKM Jawa-Bali Diperpanjang hingga 3 Januari 2022

JagatBisnis.com – Pemerintah kembali memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Jawa-Bali selama tiga minggu ke depan hingga 3 Januari 2022.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa meski diperpanjang, namun tren kasus COVID-19 masih terjaga pada tingkat yang cukup rendah.

“Saat ini pula angka kasus konfirmasi masih terus dapat dijaga dan penurunannya masih di angka 99 persen sejak puncak kasus pada bulan Juli lalu. Selain itu juga dapat disampaikan bahwa kasus aktif dan jumlah yang dirawat di Jawa-Bali terus mengalami penurunan,” kata Luhut dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (13/12/2021),

Baca Juga :   PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Lagi

Berdasarkan hasil asesmen hingga 11 Desember lalu, hanya tersisa 10 kabupaten/kota di Jawa-Bali yang berada pada Level 3 atau 7,8 persen dari total seluruh 128 kabupaten/kota yang berada di Jawa Bali.

Baca Juga :   PPKM Level 4 di Jawa-Bali Diperpanjang hingga 23 Agustus

Terdapat juga 13 kabupaten/kota yang masuk ke dalam Level 1. Namun, terdapat 4 kabupaten/kota yang naik ke Level 2.

“Detail mengenai informasi ini akan disampaikan melalui Inmendagri yang akan berlaku selama tiga minggu ke depan,” kata Luhut.

Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) itu mengingatkan masyarakat untuk tidak pergi ke luar negeri terlebih dahulu kecuali untuk kepentingan yang benar-benar darurat.

Baca Juga :   Jumlah Daerah PPKM Level 1 di Jawa-Bali Meningkat Signifikan

Menurut Luhut, imbauan itu disampaikan oleh pemerintah menyikapi perkembangan varian Omicron yang tersebar di seluruh dunia.

Ia pun meminta agar masyarakat lebih memilih untuk menghabiskan waktu liburan dengan melakukan perjalanan di dalam negeri saja.

“Jadi jangan kita gagah-gagahan, bantulah ekonomi kita dengan berlibur di dalam negeri,” pungkas Luhut.(pia)

MIXADVERT JASAPRO