Ekbis  

Optimalkan Ekspor Nasional, Bea Cukai Jalin Sinergi Dengan Berbagai Pihak

JagatBisnis.com – Optimalkan potensi ekspor nasional, Bea Cukai terus perkuat sinergi dan koordinasi dengan berbagai pihak. Kali ini sinergi dilakukan oleh Bea Cukai masing-masing di Mojokerto, Ambon dan Sorong.

“Bea Cukai sebagai instansi yang membawahi sektor ekspor impor, sekaligus pengemban fungsi industrial assistance, siap berkoordinasi dengan berbagai pihak demi optimalnya ekspor di Indonesia. Kami juga siap memberikan asistensi kepada para pelaku usaha demi terwujudnya pemasaran produk nasional ke pasar global melalui ekspor,” ungkap Tubagus Firman, Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai.

Di Mojokerto, Jatim, Bea Cukai Juanda turut hadir dalam Expo Hasil Inkubasi Wirausaha, UMKM dan Koperasi yang digelar oleh Pemkot Mojokerto, selama 3 hari, 7-9 Desember 2021. Dalam expo yang dihadiri oleh jajaran kementerian, pemda, kelompok UMKM dan koperasi tersebut, Bea Cukai Juanda memberikan asistensi kepada para wirausahawan dan mendorong pemasaran produk ke tingkat global.

Baca Juga :   Bea Cukai Musnahkan Barang Hasil Penindakan di Tiga Wilayah

Sekretaris Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Arif Rahman Hakim, menilai program inkubasi wiraswasta ini adalah kebijakan yang sangat tepat. “Terdapat ratusan produk menarik mulai dari makanan, minuman, dan aneka cinderamata. Namun pandemi berimbas kepada berbagai sektor ekonomi, tak terkecuali UMKM. RPJM Nasional Pemerintah Tahun 2020 – 2024 menargetkan untuk menciptakan wirausaha baru hingga 3,97 persen, artinya 1 tahun harus tumbuh 100 ribu wirausaha baru,” tuturnya.

Kemudian di Sorong, Kanwil Bea Cukai Khusus Papua menerima kunjungan dari Sekretaris Menteri Koordinator Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, dalam rangkaian kegiatan asistensi Deputi Fasilitasi Perdagangan ke Makassar dan Sorong, (07/12). Kunjungan ini merupakan upaya dalam mendukung program PEN melalui peningkatan ekspor nasional. Pemerintah terus membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan ekspor serta membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Baca Juga :   Bea Cukai Lampaui Target Penerimaan Senilai Rp269 Triliun

“Kunjungan dilakukan di 2 tempat berbeda, yaitu kunjungan lapangan ke Petrosea Offshore Supply Base dan diskusi tentang pengembangan PLB industry guna mendorong ekspor sektor pertambangan dan migas di Indonesia Timur. Sedangkan agenda di Kanwil Bea Cukai Khusus Papua adalah indepth interview monitoring dan evaluasi klinik ekspor Kanwil Bea Cukai Khusus Papua,” jelas Firman.

Sementara di Ambon, dalam rangka peningkatan frekuensi ekspor di Maluku, Bea Cukai Ambon melalui Tim Dukung Ekspornya memenuhi undangan dari Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Ambon pada acara Coffee Morning dengan tema Peran Generasi Milenial dalam Akselerasi Ekspor Provinsi Maluku, Kamis (09/12).

Baca Juga :   Luncurkan Aplikasi Cendana, Bea Cukai Bekasi Manfaatkan Teknologi Kala Pandemi

Melalui kegiatan ini FIrman berharap dapat menumbuhkan semangat bagi calon eksportir yang berasal dari berbagai kalangan termasuk generasi milenial. “Sasarannya tepat, karena kegiatan ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa Universitas Pattimura dan siswa dari SMA di Kota Ambon. Kami maksimalkan untuk sharing informasi terkait ekspor dan bagaimana pemerintah daerah terus bersinergi meningkatkan ekspor dari Maluku. Semoga dapat meningkatkan motivasi mereka untuk mengembangkan produk lokal,” pungkasnya.(srv)

MIXADVERT JASAPRO