HUT ke-45, BTN Siapkan Digital Mortgage Ecosystem

JagatBisnis.com – Di tengah pemulihan ekonomi, PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk (BTN) menunjukkan konsistensi dan komitmennya menjadi mitra pemerintah dalam mendukung sektor properti untuk bangkit kembali. Apalagi, sejak Kredit Perumahan Rakyat (KPR) diluncurkan pertama kalinya di Indonesia pada 10 Desember 1976, Bank BTN telah mengucurkan pembiayaan senilai Rp352 triliun dan mewujudkan rumah impian ke lebih 5 juta keluarga di Indonesia.

Direktur Utama Bank BTN, Haru Koesmahargyo mengatakan, pencapaian tersebut tidak lepas dari upayanya yang senantiasa menghadirkan program maupun produk yang inovatif. Sehingga tidak hanya membantu masyarakat, tapi juga seluruh stakeholder sektor properti.

“Inovasi tersebut terus berkembang sesuai dengan dinamika perkembangan kebutuhan dan kebiasaan masyarakat di era digitalisasi serta trend di sektor properti. Oleh karena itu, menginjak usia KPR ke 45, siap menerapkan digitalisasi ekosistem pembiayaan perumahan” kata Haru dalam keterangan tertulis, Minggu (13/12/2021).

Baca Juga :   BTN Gelar Akad Massal KPR BP2BT Secara Nasional

Menurut dia, dari keseluruhan pembiayaan KPR senilai Rp352 triliun, sebanyak lebih 76 persen mengalir ke segmen KPR Subsidi sementara sisanya mengalir ke segmen KPR non subsidi. Dengan pencapaian tersebut, BTN yang dulunya bernama Postpaarbank telah menjadi kontributor utama Program Sejuta Rumah Pemerintah dengan kontribusi rata-rata 60 persen per tahunnya, baik pembiayaan kepemilikan maupun kredit konstruksi bagi developer.

Baca Juga :   BTN Syariah Batal Merger dengan BSI

“Maka, hingga saat ini dan seterusnya kami berkomitmen mengoptimalkan digitalisasi. Karena kami yang memiliki peran strategis sebagai enabler yang memberikan pembiayaan sisi supply melalui kredit konstruksi kepada developer maupun sisi demand dengan memberikan KPR kepada masyarakat,” ucapnya.

Dia memaparkan, dalam ekosistem perumahan nasional tersebut, pihaknya pun menciptakan layanan one stop shopping perumahan di era digital. Layanan ini menyediakan layanan digital dari mulai pencarian rumah, pembelian rumah, pembiayaan perumahan, pembangunan/renovasi rumah, penyewaan, penjualan dan dukungan pembayaran utilitas di perumahan.

Baca Juga :   Maryono Tersangka Kredit PPM, BTN Hormati Hukum

“Sebenarnya, kesiapan kami dalam digital mortgage ecosystem sudah dimulai sejak tahun 2015, dimana kami merilis portal www.btnproperti.co.id disusul peluncuran website dan aplikasi www.rumahmurahbtn.co.id untuk penjualan rumah lelang. Kedua portal itu terus kami tingkatkan fiturnya, khusus properti kami telah ubah tampilanya sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik bagi masyarakat untuk membeli dan mengajukan KPR/KPA,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO