Ekbis  

Bea Cukai Sukseskan Pelepasan Ekspor Perdana di Pasuruan dan Timika

JagatBisnis.com –  Turut menyukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digalakkan pemerintah, Bea Cukai di berbagai daerah terus mendorong para pelaku usaha untuk memasarkan produk unggulan mereka di pasar internasional lewat jalur ekspor. Di Pasuruan dan Timika, berkat asistensi yang secara kontinu dilakukan oleh Bea Cukai, pelaku IKM-UMKM di masing-masing daerah berhasil melakukan ekspor perdana.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah mengatakan Bea Cukai secara berkesinambungan membantu pelaku usaha di daerah untuk merealisasikan ekspor dengan melakukan asistensi dan dukungan. “Disinilah peran utama Bea Cukai sebagai trade facilitator dan industrial assistance untuk terus memberi dukungan dan asistensi sehingga dapat membantu para pelaku usaha mengembangkan bisnisnya sehingga perekonomian terus menggeliat,” ujarnya.

Pada Selasa (07/12), CV Safa Berkah Toys yang diasistensi Bea Cukai Pasuruan berhasil melakukan ekspor perdana kasur lipat ke Singapura. Dijelaskan Firman bahwa CV Safa Berkah Toys merupakan salah satu IKM di Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, yang bergerak di bidang produksi kasur, bantal, guling, kasur lipat dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Produk IKM ini telah dikenal di masyarakat Pasuruan sebagai produk yang berkualitas sangat baik sehingga mendorong Bea Cukai Pasuruan untuk memberikan sosialisasi dan asistensi hingga mewujudkan kegiatan ekspor perdana.

Baca Juga :   Kenalkan Fasilitas Ekspor, Bea Cukai Bengkalis Jemput Bola ke UMKM dan IKM

Pelepasan ekspor perdana juga berhasil direalisasikan oleh Bea Cukai Timika. Kali ini, PT Bartuh Langgeng Abadi dibawah bimbingan Bea Cukai Timika berhasil melakukan ekspor 9.8 ton produk udang beku ke Jepang melalui moda laut dengan kemasan kontainer. Produk udang beku yang diekspor tersebut berasal dari nelayan di daerah pesisir Pomako, Mimika, sehingga secara langsung dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat yang nantinya dapat menggerakkan perekonomian masyarakat di Papua dan secara luas.

Baca Juga :   Kilas Balik Operasi Laut Bea Cukai di Semester Pertama 2022

Firman menambahkan bahwa terwujudnya ekspor perdana ini tidak lepas dari hasil bersinergi dan berkolaborasi dengan instansi lain. Selanjutnya Firman menyampaikan harapannya untuk para pelaku usaha kedepannya, “Semangat Bea Cukai dalam mendorong ekspor diharapkan seiring dengan keinginan dan keseriusan para pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka di pasar global. Bea Cukai berkomitmen untuk terus mendukung pelaku usaha melakukan ekspor untuk mengoptimalkan penerimaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.(srv)

MIXADVERT JASAPRO