Bupati Lumajang Berang, Area Terdampak Erupsi Semeru Dijadikan Spot Foto

JagatBisnis.com – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq kesal dengan ulah sejumlah warga yang malah asik foto di area terdampak erupsi Gunung Semeru.

Bupati Thoriqul pun meminta warga yang tidak berkepentingan untuk meninggalkan area terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Soal yang ingin foto-foto itu, jeprat-jepret, foto-foto sudah bukan waktunya sekarang. Ini bukan tontonan, bukan tempat pariwisata,” kata Thoriq saat ditemui wartawan di Lapangan Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Kamis (9/12/2021).

Menurut Thoriq, salah satu kendala penanganan erupsi itu karena banyaknya mobil yang berlalu-lalang. Keberadaan kendaraan ini menyebabkan alat transportasi pengangkut bantuan di posko-posko terhambat. Padahal alat transportasi ini harus mengangkut bantuan-bantuan ke sejumlah posko yang tersebar di Kabupaten Lumajang.

Baca Juga :   Ibu Mengendong Bayi Ditemukan Tertimbun Lahar Gunung Semeru

Masyarakat yang hendak mengirim bantuan cukup mengunjungi posko tertentu yang berperan untuk menerimanya. “Solusinya nggak usah ke sana (Dusun Sumbersari), jalannya ditutup. Yang mau memberikan bantuan sudah ada posko semua di sini. Selesai sudah. Kan tinggal posko-posko itu dimanfaatkan, ayo kerjasama, tinggal kerja sama,” ucapnya.

Baca Juga :   Terpisah Akibat Erupsi Gunung Semeru Akhirnya Suami-Istri Ini Bersama Lagi

Saat ini, kata Thoriq, bantuan logistik untuk korban erupsi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga 15 hari. Selanjutnya, pihaknya sedang memikirkan untuk menyediakan hunian sementara yang bisa ditinggali korban. Lokasi hunian masih dipertimbangkan tapi kemungkinan didirikan di lahan milik Perhutani wilayah Oro-oro Ombo.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Kamis (9/12) sore, 43 orang meninggal dunia akibat erupsi Gunung Semeru. Kemudian 104 orang mengalami luka yang di antaranya 32 orang luka berat dan 82 orang luka sedang serta ringan. Sebagian besar korban erupsi mengalami luka bakar.

Baca Juga :   BNPB Kirim Bantuan Logistik ke Lokasi Erupsi Gunung Semeru

Untuk saat ini, para warga yang terluka masih dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan di Kabupaten Lumajang. Lokasi-lokasi tersebut antara lain RSUD dr. Haryoto, RS Bhayangkara Lumajang dan RS Pasirian. Kemudian juga dirawat di Puskesmas Penanggal, Puskesmas Candipuro, dan beberapa puskesmas lainnya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO