KAI Raih Penghargaan Indonesia Trusted Company

JagatBisnis.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) meraih penghargaan sebagai Indonesia Trusted Company berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI) dari Majalah SWA dan The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG). Penghargaan ini diberikan dalam ajang Indonesia Good Corporate Governance (GCG) Award 2021 yang mengangkat tema “Membangun Ketahanan Perusahaan dalam Kerangka GCG” di Jakarta, Rabu (8/12/2021).

“Terima kasih kepada Majalah SWA dan IICG atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada kami. Karena nilai GCG KAI terus meningkat, hal ini mencerminkan konsistensi upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola perusahaan, termasuk dalam implementasi strategi resiliensi pandemi,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo usai menerima penghargaan itu.

Didiek menjelaskan, nilai-nilai utama Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) serta GCG menjadi fondasi yang mendasari seluruh strateginya dalam mencapai misi menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia. Dalam pelaksanaan tata kelola perusahaan, pihaknya selalu berdasar pada prinsip GCG yaitu transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian, dan kewajaran.

Baca Juga :   Selamatkan Aset Bermasalah, KAl Gandeng Kejari Malang

“Sesuai dengan tema penghargaan ini, kami memiliki 4 strategi resiliensi dan recovery dalam masa pandemi. 4 strategi tersebut, yaitu melindungi pegawai dan pelanggan dari Covid-19; menjaga likuiditas dan solvabilitas; menerapkan program efisiensi, reprioritisasi anggaran, dan pengurangan biaya; serta mengoptimalkan sumber-sumber pendapatan,” bebernya.

Baca Juga :   Pertama di Indonesia, KA di Sumbar Ada Layanan Kereta Bagasi Sepeda Non Lipat

Dia mengungkapkan, pihaknya mengambil pelajaran dari pandemi Covid-19 dengan melakukan Triple Transformation sekaligus yaitu Transformasi Digital, Transformasi Organisasi, dan Tranformasi Budaya untuk dapat lebih agile dan adaptif dalam menghadapi perubahan dengan menanamkan core values AKHLAK.

“Kami akan terus konsisten dan meningkatkan kualitas implementasi GCG lebih baik lagi dengan menerapkan sistem berbasis transformasi digital pada tahun depan serta meningkatkan knowledge management sebagai support system. Sehingga diharapkan akan meningkatkan kepatuhan dan dengan transformasi digital akan memudahkan monitoring penerapan GCG di perusahaan,” imbuhnya.

Baca Juga :   Ini Syarat Terbaru Naik KA Lokal dan Jarak Jauh

Sementara itu, Group Chief Editor SWA Media Kemal E. Gani mengapresiasi kepada seluruh peserta ajang penghargaan ini. Karena seluruh peserta memiliki komitmen yang tinggi untuk membangun budaya Good Corporate Governance.

“Tema yang diangkat pada tahun ini sangat relevan dan penting dalam berbagai situasi, terutama pada 2 tahun terakhir ini. Kami pada kesempatan ini sungguh menghargai peserta program CGPI yang pada tahun ini sudah dapat menjalankan langkah-langkah untuk terus membangun ketahanan perusahaannya,” tutup Kemal. (eva)

MIXADVERT JASAPRO