Tips Aman Beli Emas Secara Online

JagatBisnis.com – Emas menjadi salah satu produk investasi paling populer di Indonesia. Bukan tanpa alasan, emas memang menawarkan banyak keuntungan bagi investornya, mulai dari nilai aset yang terus meningkat di setiap tahunnya, tingkat likuiditas yang tinggi hingga aman dari paparan dan pengaruh krisis geopolitik dan inflasi. Tidak hanya itu saja, Anda bisa mendapatkan kemudahan mendapatkan informasi dari berbagai sumber mengenai investasi emas yang Anda miliki, termasuk mengenai harga emas hari ini.

Memiliki emas juga tidak lagi menjadi hal yang sulit. Anda bisa membeli dan mendapatkannya di sejumlah toko offline seperti di PT Pegadaian, toko emas dan gerai lainnya, atau secara online melalui sejumlah aplikasi yang tersedia sekarang ini. Untuk pembelian secara online, Anda tinggal mengunjungi website atau masuk ke aplikasi di smartphone, melakukan pendaftaran dan langsung melakukan pembelian emas yang Anda inginkan, jika memang dananya tersedia.

Namun, tidak sedikit orang dan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang berusaha merugikan pihak lain dengan melakukan penipuan. Hal ini tentunya menjadi kontraproduktif dengan semangat berinvestasi yang dimiliki banyak orang, dan bisa membuat calon investor jera bertransaksi secara online.

Baca Juga :   Analis: Harga Emas Anjlok karena Investor Cari Dolar AS

Untuk menghindari hal tersebut, ada sejumlah tips yang bisa Anda lakukan. Penjabarannya bisa dilihat di bawah ini:

Kenali penjual
Sama saat Anda akan belanja online untuk produk fesyen dan lainnya, penting sekali untuk mengenali penjualnya saat Anda akan melakukan belanja online untuk produk emas.

Anda bisa mencari tahu mengenai penjual atau toko emas online yang akan Anda pilih. Anda bisa melihat reputasi penjual selama berjualan melalui rating yang mereka miliki, komentar pembeli yang sudah melakukan pembelian di akun tersebut dan keaslian gambar emas yang dijual.

Jika Anda masih ragu dengan toko atau penjual yang ada, akan lebih baik bila Anda bisa langsung masuk ke toko digital resmi atau aplikasi toko online yang ada, seperti Pegadaian Digital atau mengunjungi e-commerce Blibli.

Kenali kebijakan toko

Setiap toko memiliki syarat, ketentuan dan kebijakannya masing-masing terkait setiap transaksi yang dilakukan, termasuk di antaranya toko emas online. Untuk itu, penting sekali mengetahui dan memahami kebijakan yang ditetapkan setiap toko emas online.

Pada dasarnya, toko emas online terpercaya dan memiliki reputasi baik akan memiliki kebijakan toko yang memudahkan pelanggannya mendapatkan barang yang diinginkan. Sementara pihak yang berniat menipu biasanya menawarkan prosedur pembelian yang tidak wajar, tidak logis dan memiliki prosedur yang malah menyulitkan, atau terlalu mudah.

Baca Juga :   Cadangan Emasnya Senilai Rp1.988 Triliun, Tidak Laku

Mengenal produk yang akan Anda beli

Penting sekali untuk mengetahui produk emas yang akan Anda beli. Anda bisa mencari informasi mengenai kadar kemurnian emas. Perlu diketahui, emas 24 karat memiliki kadar kemurnian 99,00-99,99%.

Jika ada penjual atau toko online yang menawarkan emas dengan harga yang lebih murah dengan kadar kemurnian tinggi, Anda mungkin harus waspada dan menghindari melakukan pembelian di toko tersebut.

Memastikan harga emas dan biaya lain-lain
Harga emas hari ini dan hari lainnya akan mengalami perubahan. Karena itu, Anda harus memerhatikan harga emas yang ditampilkan penjual, termasuk terkait biaya-biaya yang harus dikeluarkan saat pembelian.

Perlu dicatat, Anda bisa memantau harga emas hari ini di sejumlah situs resmi seperti dari PT Pegadaian, Logam mulia dan bahkan media online yang memiliki reputasi bagus. Setelahnya, Anda bisa membandingkan dengan harga jual yang ditetapkan penjual di toko online yang Anda pilih. Jangan lupa memperhitungkan juga biaya lain-lain, seperti biaya cetak, administrasi dan sebagainya untuk memastikan harga yang Anda bayarkan untuk emas yang Anda pilih masih dalam kategori masuk akal.

Baca Juga :   Emas Jadi Pilihan Investasi Bijak

Pastikan prosedur dan proses pengiriman barang

Jika pembelian sudah dilakukan, pastikan prosedur proses pengiriman barang atas emas Anda juga harus menggunakan layanan terbaik. Bagi toko-toko yang sudah memiliki reputasi bagus dan terpercaya pasti akan menawarkan pengiriman dengan asuransi, untuk menjamin barang yang Anda beli bisa sampai di alamat dengan selamat. Anda juga harus memastikan emas yang Anda beli sudah memberikan kwitansi dan sertifikat di dalamnya.

Anda juga bisa mempertimbangkan pembelian emas dengan metode pembayaran dan pengiriman COD alias Cash on Delivery, atau bayar di tempat. Dengan demikian, Anda bisa mengecek langsung dan memastikan emas yang Anda beli sesuai dengan pesanan sebelum akhirnya melakukan pembayaran.

Setelah tahu tips dan cara membeli emas secara online dengan metode yang aman, penting sekali untuk mengetahui harga emas hari ini sebelum melakukan pembelian. Di bawah ini adalah harga emas terbaru, mengutip dari situs resmi Logam Mulia, sebagai modal sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi pada emas. (pia)

 

MIXADVERT JASAPRO