Ekbis  

Pertajam Pengawasan NPP, Bea Cukai Soekarno-Hatta Gandeng Internasional Narcotics Control Board

JagatBisnis.com – Sebagai bentuk upaya memperkuat fungsi pengawasan dan penegakan hukum dalam mencegah peredaran gelap narkotika khususnya New Psychoactive Substances (NPS) di Indonesia, Bea Cukai Soekarno-Hatta menyambut lawatan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan International Narcotics Control Board (INCB) pada hari Rabu 1 Desember 2021.
.
Bertempat di Ruang Rapat A Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan (P2) Zaky Firmansyah yang didampingi para pejabat administrator terkait, menyambut lawatan kerja INCB yang dihadiri Fernando Romero selaku penanggung jawab International Operations on NPS kawasan Asia Pasifik, Aleksander Piecyk selaku konsultan INCB kawasan Asia Tenggara.
.
“Kami (Bea Cukai Soekarno-Hatta) dalam melakukan pengawasan, dan penindakan terhadap penyelundupan Narkotika Psikotropika dan Prekursor (NPP), selalu bersinergi dengan BNN dan juga pihak kepolisian. Kedatangan INCB kali ini, tentunya dapat mempertajam serta memperluas jangkauan pengawasan NPP yang masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta,” jelas Zaky di awal pertemuan.
.
Berlanjut dengan tinjauan langsung bersama ke Terminal Kedatangan Internasional dan ke Gudang FedEx Express International, Bea Cukai Soekarno-Hatta dan INBC saling bertukar pesan mengenai pengaplikasian proses pengawasan atas pemasukan Barang Kiriman dan Barang Bawaan Penumpang yang terindikasi menyelundupkan NPP.
.
“Peredaran narkotika, terlebih lagi dengan adanya NPS, senyawa atau zat yang disalahgunakan, dapat menimbulkan ancaman bagi kesehatan manusia. Bersama-sama kita akan terus mempelajari berbagai jenis barang ini, dan modus penyelundupannya ke Indonesia dan kawasan Asia Tenggara lainnya, serta strategi apa yang akan kita mainkan untuk melawannya,” ucap Fernando.
.
Kegiatan koordinasi ini merupakan bentuk perwujudan komitmen Bea Cukai Soekarno-Hatta dalam mengupayakan kerja sama antar lembaga yang produktif seperti BNN dan INBC, khususnya di bidang pengawasan terhadap NPP.(srv)

Baca Juga :   Bersama BNNP Sulut, Bea Cukai Sulbagtara Gagalkan Pengiriman Tembakau Gorilla
MIXADVERT JASAPRO