Kapal Cepat Rudal Baru Buatan PAL Diluncurkan

JagatBisnis.com – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter buatan PT PAL Indonesia (Persero). Kapal ini jadi bagian dari visi Indonesia membangun kekuatan maritim sekaligus bukti industri pertahanan dalam negeri bisa menopang keinginan Indonesia jadi negara mandiri.

“Kami punya cita-cita besar. Indonesia harus menjadi tuan di laut, darat, dan udara sendiri. Karena Indonesia bersahabat dengan semua negara, tapi kita akan mempertahankan kedaulatan dengan segala cara,” kata Prabowo dari keterangan tertulis, Senin (6/12/2021).

Dia menjelaskan, Kapal KCR 60 Meter masuk dalam kategori Offshore Patrol Vessel (OPV). Armada ini dibuat dengan kelincahan untuk mengejar kapal asing yang menerobos teritori Indonesia. Kapal ini memiliki spesifikasi panjang 60 meter dan lebar 8,1 meter. Kapal tersebut mampu mengangkut 55 orang.

Baca Juga :   Survei Ganjar Unggul dari Prabowo, Begini Tanggapan Gerindra

“Bahkan, kapal ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 28 knot pada kondisi full load serta endurance 5 hari. Selain itu juga punya jarak jelajah 2.400 NM pada kecepatan 20 knot,” bener Prabowo.

Baca Juga :   Megawati, Prabowo, Paloh hingga Cak Imin Makan Siang dengan Jokowi di Istana

Dia mengungakapkan, komitmen pemerintah dalam membangun armada maritim. Pemerintah akan terus memperbaiki kekuatan di laut untuk menjaga wilayah Indonesia yang luas. Karena pembangunan kekuatan maritim juga merupakan visi Presiden Joko Widodo.

Baca Juga :   Prabowo Deklarasi Capres 2024

“Kami siap menjalankan visi itu demi memperkuat penjagaan wilayah perairan Indonesia. Presiden sangat menaruh perhatian pada pertahanan kita yang kuat. Kita harus kelola dengan sangat baik,” tutup Prabowo. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO