BNPB Tunggu Penetapan Pemda untuk Relokasi Warga Erupsi Semeru

JagatBisnis.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan memberi dana tunggu bagi pengungsi yang rumahnya rusak berat atau hancur akibat erupsi Gunung Semeru. Adapun dana tunggu yang diberikan sebesar Rp500 ribu setiap bulannya. Dana tersebut akan diberikan selama 6 bulan.

“Setiap KK yang rumahnya mengalami kerusakan dan tidak dapat ditinggali kembali akan mendapatkan dana ini setiap bulan selama kurun waktu 6 bulan. Artinya sampai rumah kembali dengan dukungan pemerintah di lokasi baru, saat ini tempatnya masih didiskusikan dan dimatangkan pemda,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, dikutip dari laman resmi BNPB, Senin (6/12/2021).

Dia menjelaskan, hingga kini pihaknya bersamw BPBD dan instansi terkait masih melakukan asesmen dan pendataan cepat kerusakan rumah yang timbul akibat kejadian bencana erupsi Gunung Semeru. Selain itu, pihaknya bersama Pemda Jatim, PMI, Kemensos, Kemenkes, dan relawan juga telah mengirim logistik yang cukup kepada warga yang terdampak.

Baca Juga :   Status Gunung Semeru Naik ke Level Siaga

“Yang kami lakukan sekarang adalah bagaimana logistik bisa sampai. Karena hingga saat ini, belum terbentuk posko terpadu tanggap darurat. Ini membuat koordinasi dan pendataaan korban masih terpisah antara satu pos dengan lain,” tutupnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO