KPAI Dorong Percepatan Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun

JagatBisnis.com – Semua anak Indonesia harus bisa sekolah secara normal kembali. Maka, keinginan pemerintah membuka pertemuan tatap muka (PTM) di seluruh sekolah pada awal tahun depan sangat rasional. Adapun langkah yang harus dilakukan dengan mengadakan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Oleh karena itu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong percepatan pemberian vaksin Covid-19 tersebut.

“Kami mendorong percepatan pemberian vaksin kepada anak usia 6-12 tahun dengan tetap menjaga kehati-hatian dan melakukan dengan kecermatan. Kesiapan antisipasi terhadap kontraindikasi maupun efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang mungkin terjadi pada anak perlu disiapkan dengan baik,” kata Ketua KPAI Susanto dalam keterangan tertulis, Kamis (2/12/2021).

Dia menjelaskan, dorongan yang diberikan pihaknya bukan tanpa alasan. Karena Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), pada tanggal 1 November lalu secara resmi telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) bagi Vaksin Covid-19 Sinovac yakni CoronaVac dan Vaksin Covid-19 buatan Bio Farma untuk digunakan dalam vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun.

Baca Juga :   Sebanyak 266.317 Anak Positif Covid-19, KPAI Shock

“Selain itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga telah merekomendasikan pemberian vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 tahun ke atas, yang diberikan secara intramuscular dengan dosis 0,5 ml sebanyak dua kali pemberian dengan jarak dosis pertama ke dosis kedua yaitu 4 minggu,” ungkapnya.

Baca Juga :   KPAI Dukung Evaluasi PTM 100 Persen

Menurut dia, sasaran vaksinasi Covid-19 untuk Anak usia 6-11 tahun menjadi sangat penting dan mendesak untuk segera dilaksanakan. Hal ini mengingat,
data Satgas Covid-19 per 1 November 2021, proporsi anak terpapar Covid-19 cukup tinggi sebesar 13 persen.

“Oleh sebab itu, kami mengimbau kepada seluruh orang tua agar tidak ragu untuk memberikan vaksinasi Covid-19 untuk anak. Kami juga meminta pemerintah menggandeng dan bekerjasama dengan semua pihak, termasuk organisasi masyarakat, orang tua, satuan pendidikan agar capaian vaksinasi rata untuk Indonesia optimal untuk seluruh anak usia 6-11 tahun,” paparnya.

Dia menambahkan, pemerintah juga didorong untuk menuntaskan vaksinasi anak usia 12-17 tahun. Karena data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per Tanggal 1 Desember 2021 capaian vaksinasi kelompok Usia anak 12-17 tahun sudah mencapai 26,7 juta jiwa dengan vaksinasi dosis 1 sebanyak 20,2 juta atau 75,92 persen. Sedangkan, vaksinasi dosis 2 sebanyak 14,5 juta atau 54,50 persen dari sasaran.

Baca Juga :   KPAI Minta Dukcapil Jemput Bola, 30 Ribu Anak di Depok Tak Punya Akta Kelahiran

“Pada kesempatan inj, makanya kami mendorong Kemenkes untuk segera melakukan upaya percepatan agar meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 pada anak usia 12-17 tahun. Kemenkes juga perlu segera melakukan percepatan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak Usia 6-11 Tahun di seluruh Kabupaten Kota di Indonesia,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO